KJRI Karachi Pererat Kerja Sama Ekonomi dengan Kota Hyderabad

Pada tanggal 15 dan 16 September 2018, Konsul Jenderal RI Karachi, Totok Prianamto, mengadakan perjalanan dinas ke Hyderabad, Provinsi Sindh. Kunjungan itu dimaksudkan untuk menemui Hyderabad Chambers of Commerce and Industry (HCCI) serta melihat potensi untuk produk Indonesia yang ada disana. Pada kunjungan ke HCCI tanggal 15 September 2018, para pengusaha HCCI menyambut baik kedatangan Konjen RI Karachi dan mengapresiasi KJRI Karachi yang senantiasa mengunjungi HCCI. Disampaikan pula bahwa Hyderabad merupakan salah satu pusat produksi mangga, beras dan katun di Pakistan, yang menurut mereka sangat potensial untuk dikerjasamakan dengan Indonesia.

 

Dalam sambutannya, Konjen RI Karachi menyampaikan bahwa hubungan perdagangan antara Indonesia dan Pakistan mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018, terjadi kenaikan ekspor Pakistan ke Indonesia yang cukup tinggi, yakni 148,21%. Konjen RI Karachi juga menekankan pada pentingnya menjaga balance of trade antara Indonesia dan Pakistan dan menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah-langkah konkrit, antara lain memberikan konsesi atas 20 jenis barang ekspor Pakistan ke Indonesia secara unilateral, yang tengah sedang menunggu ratifikasi dari DPR. Pemerintah Indonesia juga terus mengupayakan peningkatan Preferential Trade Agreement (PTA) Indonesia – Pakistan menjadi Free Trade Agreement (FTA);

 

Untuk semakin mendekatkan hubungan perdagangan ekonomi, perdagangan dan investasi antar kedua negara, Konjen RI Karachi juga mengundang para pengusaha HCCI untuk berpartisipasi pada 33rd Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan dilaksanakan pada 24 – 28 Oktober 2018 di BSD, Indonesia. Konjen RI Karachi juga menyampaikan kesiapan KJRI Karachi untuk memfasilitasi pertemuan HCCI dengan asosiasi pebisnis dan pengusaha-pengusaha terkemuka disela-sela pelaksanaan 33rd TEI;

 

Hari berikutnya, pada tanggal 16 September 2018, Konjen RI Karachi mengunjungi showroom Indus Motor Company (IMC) milik Muhammad Shahid, Presiden HCCI. IMC merupakan perusahaan pemegang lisensi penjualan beberapa merek mobil Jepang seperti Toyota dan Suzuki di Hyderabad. Disana, Muhammad Shahid menjelaskan bahwa pihaknya senantiasa mengimpor mobil yang diproduksi di Indonesia dan menginformasikan bahwa terdapat banyak permintaan untuk varian mobil produksi Jepang yang dipasarkan di Indonesia. Terdapat pengiriman 100 mobil dari Indonesia untuk tahap berikutnya yang akan tiba sekitar bulan Oktober – November 2018.

 

Konjen RI Karachi menyampaikan apresiasi atas penerimaan Muhammad Shahid dan HCCI pada umumnya. Ditegaskan bahwa sebagai penghubung antara para pemangku kepentingan di Provinsi Sindh dengan Pemerintah Indonesia, KJRI Karachi siap bekerja sama dengan HCCI untuk terus memperluas potensi perdagangan antara Indonesia dan Pakistan.

 

Sumber: KJRI Karachi