Konsul Jenderal RI Johor Bahru Resmikan Acara Penyambutan Mahasiswa Baru Indonesia pada Universiti Teknologi Malaysia

 

Konsul Jenderal RI Johor Bahru telah menghadiri acara penyambutan resmi mahasiswa baru Indonesia pada Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada 28 September 2017. Kegiatan bertajuk  Bandhawa Camp 2017tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) UTM dan merupakan acara rutin tahunan untuk menyambut mahasiswa baru asal Indonesia. "Pada tahun 2017 ini, mahasiswa baru Indonesia pada strata 1 (S1) yang diterima di berbagai fakultas di UTM mencapai 130 orang. Ini merupakan jumlah terbanyak dibandingkan dengan penerimaan mahasiswa baru tahun-tahun sebelumnya," ujar Iqbal Nurfarid, Presiden PPI UTM.

Konsul Jenderal RI Johor Bahru, Haris Nugroho, menyampaikan rasa senang dan bangga menyambut para mahasiswa baru Indonesia di UTM. "Mahasiswa adalah agen perubahan, dan tantangan masa depan menuntut kita untuk selalu inovatif, kreatif dan tidak sekedar business as usual," pesan Konsul Jenderal. "Mahasiswa diharapkan untuk tidak hanya melulu belajar di kelas, namun juga perlu ikut berorganisasi, bermasyarakat dan mengembangkan soft skill, keterampilan yang akan berguna di university of life selepas kehidupan kampus" pungkasnya. Pada akhir sambutan, Konsul Jenderal RI secara simbolis menyematkan badge kepada perwakilan mahasiswa baru dan meresmikan rangkaian acara Bhandawa Camp 2017.

Sementara itu, Direktur Global Education UTM, Prof. Dr. Nor Haniza Sarmin, yang turut hadir di acara tersebut menyampaikan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa baru dari Indonesia dan mengharapkan mereka dapat menikmati kehidupan kampus di UTM serta nantinya membawa pulang kenangan yang indah. "Apabila mahasiswa Indonesia menghadapi masalah, apapun itu, jangan segan-segan untuk meminta bantuan kepada International Student Centre," ungkapnya.

Pada sesi tanya jawab, Konsul Jenderal RI dan Pelaksan Fungis Pensosbud menjelaskan secara secara singkat tugas pokok dan fungsi KJRI Johor Bahru, utamanya terkait dengan pelayanan kekonsuleran seperti perpanjangan paspor, penggantian paspor yang hilang, konversi SIM, dan perlindungan WNI/BHI apabila mahasiswa tersangkut masalah.

Bhandawa Camp 2017 ditutup dengan acara camping di area perbukitan di wilayah kampus UTM sebagai sarana perkenalan dan ramah tamah antara mahasiswa baru dengan anggota PPI lainnya. (KJRIJB/RPK/AFF)​