Indonesia Community Center (ICC) Johor Bahru Raih 3 Medali dalam KS2O se-Malaysia 2017

 

 

Kompetisi Sains, Seni dan Olah Raga (KS2O) se-Malaysia telah diselenggarakan pada 8 - 10 September 2017. Sekolah Indonesia Kota Kinabalu kali ini berkesempatan untuk menjadi tuan rumah kegiatan yang mempertemukan siswa-siswi Sekolah Indonesia Luar Negeri se-Malaysia dalam lomba sains, seni dan olah raga tersebut. Pada tahun ini, turut berpartisipasi pula Sekolah Indonesia Bangkok, Sekolah Indonesia Davao, dan Sekolah Indonesia Singapura, selain tentu saja Sekolah Indonesia di Malaysia (Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Indonesia Community Centre (ICC) Johor Bahru, dan Community Learning Center Sabah - Serawak).

KS2O 2017 dibuka oleh Duta Besar RI Kuala Lumpur, Y.M. Rusdi Kirana. Dalam sambutannya, Duta Besar Rusdi Kirana memberikan semangat kepada para siswa-siswi yang akan bertanding. Duta Besar menyampaikan rasa kagum kepada para peserta lomba, yang meskipun dengan berbagai keterbatasan yang dihadapi namun masih dapat berprestasi dan unjuk kebolehan untuk berkompetisi secara positif dengan peserta lainnya. Selanjutnya, Duta Besar berpesan kepada peserta lomba: "tidak ada yang bisa mengubah keadaan pada diri kita, untuk masa depan yang lebih baik, kecuali diri kita sendiri. Semua bergantung kepada diri kita sendiri," pungkasnya.

Konsul Jenderal RI Johor Bahru bersama kontingen ICC Johor Bahru turut menghadiri acara pembukaan tersebut. Partisipasi ICC Johor Bahru pada KS2O 2017 ini menghasilkan 2 medali perak (lomba melukis tingkat SD dan lomba pidato tingkat SD), dan 1 medali perunggu (olimpiade matematika tingkat SD). Perolehan ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan mengingat SIJB merupakan Sekolah Indonesia Luar Negeri yang relatif masih baru (didirikan tahun 2014).

Juara Umum KS2O 2017 diraih oleh Sekolah Indonesia Kota Kinabalu dengan 10 emas, 4 perak dan 4 perunggu. (KJRIJB/IC/AFF).​