Gugah Jiwa Wirausaha PMI, KJRI JB Selenggarakan Festival Belajar 2018

 

KJRI Johor Bahru bekerja sama dengan Indonesian Diaspora Network-United (IDN-U) dan Komunitas Wanita Indonesia Kawin Campur (KOWIKACU) telah menyelenggarakan “Festival Belajar 2018" pada 25 November 2018 di Aula KJRI Johor Bahru. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 80 orang yang kebanyakan terdiri dari PMI dengan narasumber diaspora dan mantan PMI yang sudah berhasil menjalankan usahanya di Indonesia.

Festival Belajar 2018 dilaksanakan dengan tujuan untuk memotivasi para PMI untuk selalu belajar guna meningkatkan kapasitas dan apabilitas diri sehingga dapat terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses. “Ini adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh IDN-U di bidang pengembangan PMI," ujar Direktur Program Gugus Tugas Pekerja Migran, IDN-U, Riawandi Yakub.

Dalam sambutannya, Konjen RI Johor Bahru menyampaikan bahwa “kegiatan ini sesuai dengan semangat pemerintah untuk memberdayakan PMI. Seluruh peserta agar memanfaatkan secara optimal kegiatan ini dan gali seluruh pengetahuan narasumber mumpung berada disini." Setelah pelatihan ini, diharapakan seluruh peserta yang hadir pada acara tersebut termotivasi untuk membuka usaha sendiri juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Para peserta sangat antusias pada paparan yang disampaikan oleh Narasumber yaitu mengenai manfaat media sosial untuk mengembangkan bisnis/usaha, bercerita melalui media sosial melalui karya sebuah foto dan paparan mengenai pengalaman purna PMI dalah mengembangkan usahanya di Indonesia. Kegiatan berjalan dengan lancar dan interaktif dimana banyak peserta yang mengajukan pertanyaan. Narasumber juga berbagi inspirasi melalui pengalaman-pengalamannya selama membangun usahanya. (KJRIJB/IC/AFF)​