KJRI Jeddah Fasilitasi Transaksi Bisnis RI-Saudi 1,5 Miliar Dolar AS

JAKARTA, iNews.id - Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah memfasilitasi transaksi bisnis antara Indonesia-Arab Saudi senilai 1,5 miliar dolar AS. Transaksi tersebut diperoleh selama perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2018.

Transaksi terbaru diperoleh antara Gaido Group Indonesia dan Samaren Group Saudi senilai 1,35 miliar dolar AS. Transaksi tersebut merupakan yang keempat setelah sebelumnya tiga perusahaan Arab Saudi menandatangani kontrak kerja sama dengan perusahaan Indonesia senilai 140 juta dolar AS.

Tiga kontrak sebelumnya yaitu Prime Star Energi Saudi dengan PT. Golden Surfactant Indonesia, Mohammed Bawazir for Trading (MBT) dengan PT. Mayora Indah Tbk, dan Sami Al Kathiri Trading Est dengan PT. Rodamas Inti International.

“Kita berhasil memfasilitasi penandatanganan empat kontrak kerja sama antara pengusaha Indonesia dan Saudi dengan nilai total mencapai 1,5 miliar dolar AS,” ungkap Konsul Jenderal RI Jeddah, M. Hery Saripudin saat kunjungan ke MNC Media, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Secara umum, total seluruh kontrak kerja sama bisnis yang terjadi selama TEI 2018 mencapai 8,4 miliar dolar AS, jauh di atas target 1,5 miliar dolar AS. Kontrak tersebut meliputi tiga sektor utama yaitu investasi, perdagangan, dan perjalanan wisata dan umroh dengan porsi terbesar berupa kerja sama investasi 861 juta dolar AS.

“Kami menyambut baik kerja sama investasi antara Indonesia dan Arab Saudi dalam kontrak ini,” ucapnya.

Menurut Hery, KJRI Jeddah mendorong tidak hanya investasi asing untuk masuk ke Indonesia, namun juga investasi Indonesia dapat masuk pasar Arab Saudi. Dia menyebut, investasi Indonesia di Arab Saudi bisa mendongkrak ekspor RI. Selain itu, ada peluang tenaga kerja Indonesia bekerja di pabrik Indonesia di negara tersebut.

“Kita mengenal investment-led export, dimana pabrik Indonesia di Saudi dapat menggunakan bahan baku dari Indonesia, yang pada akhirnya meningkatkan masuknya produk Indonesia ke pasar Saudi,” ucapnya.

Sumber Informasi :

https://www.inews.id/finance/makro/kjri-jeddah-fasilitasi-transaksi-bisnis-ri-saudi-1-5-miliar-dolar-as/307354