Wonderful Indonesia Jadi Favorit di Pameran B-Travel 2018 Barcelona


Barcelona, Spanyol: Indonesia berpartisipasi pada pameran pariwisata internasional B-Travel 2018 yang diselenggarakan di Fira Barcelona, 20-22 April 2018. Sepanjang perhelatan pameran, tampak antrean warga Spanyol, khususnya Barcelona, di paviliun Indonesia yang ingin minta informasi mengenai destinasi wisata unggulan Indonesia. Pertanyaan mereka dilayani oleh dua perusahaan tour operator/travel agent Come2Indonesia dan Catur Expediciones.

Pada pameran tersebut, Indonesia melalui KBRI Madrid telah membuka satu paviliun seluas 16 m2 dengan menampilkan logo dan banner Wonderful Indonesia termasuk penayangan film “Wonderful Indonesia", film-film promosi pariwisata dari berbagai destinasi di Indonesia dan juga berkesempatan melakukan diseminasi kuesioner "Citra Positif Indonesia". Come2Indonesia dan Catur Expediciones yang menawarkan dan menjual sejumlah paket-paket promosi perjalanan destinasi wisata unggulan seperti Bali, Kalimantan, Pulau Komodo, Raja Ampat, Sumatera, Sulawesi, Maluku, Flores, dan Jawa.

Paviliun Indonesia yang selalu ramai pengunjung menjadikannya paviliun favorit. Banyak pengunjung berminat melakukan perjalanan wisata ke Indonesia. Informasi mengenai wisata dan budaya Indonesia diberikan dalam bentuk booklet "Un Viaje a Indonesia", tourist map, calender event, the wonders of ADVENTURES in Indonesia, the wonders of ECOTURISM Indonesia, Indonesia SPA destination, SHOPPING guide in Indonesia, leaflet Garuda Indonesia, DVD Bienvenidos a Indonesia, topi dan pin Wonderful Indonesia.

Direktur Operasional Catur Expediciones, Mr.Alfonso Carrasco, menyampaikan rasa gembiranya bahwa perusahaannya telah memperoleh 84 inquiries selama 3 hari pameran dan diperkirakan pemesanan transaksi paket wisata ke Indonesia sejumlah 30 transaksi (setiap transaksi bernilai € 3.500) serta pengunjung yang berkonsultasi memiliki anggaran biaya rata-rata sebesar €130/hari, dengan rata-rata traveling antara 15 hari hingga 1 bulan. Ditambahkan pula bahwa selama tahun 2017 wisatawan Spanyol ke Indonesia yang ditanganinya sejumlah 500 klien, sedangkan tahun 2018 diperkirakan berjumlah 700 klien, artinya terdapatkan kenaikan jumlah calon wisatawan Spanyol sebesar 40%.

Menurut Kuasa Usaha a.i. KBRI, Adi Priyanto, keikutsertaan Indonesia ini adalah yang kedua kalinya sejak tahun 2017 guna mendukung upaya sungguh-sungguh Pemri untuk menaikan jumlah wisatawan asing ke Indonesia sebesar 20 juta wisatawan pada tahun 2019 dan memperkuat program diplomasi ekonomi. Pada tahun 2018 KBRI Madrid menargetkan kenaikan jumlah wisatawan asal Spanyol sebesar 25% sesuai misi Perwakilan RI.

Lebih lanjut, KUAI Adi Priyanto menegaskan bahwa partisipasi Indonesia dengan membuka Paviliun Indonesia dan mengundang tour operator/travel agent dari Indonesia dimaksudkan agar lebih banyak lagi destinasi unggulan dapat dipasarkan dan diminati wisatawan Spanyol dan mancanegara, mendorong kerjasama B to B antar kalangan industri pariwisata Indonesia-Spanyol sehingga target kenaikan jumlah wisatawan Spanyol dapat tercapai dimana jumlah wisatawan Spanyol ke Indonesia pada tahun 2017 baru mencapai 80.942 wisatawan Spanyol dan ditargetkan tahun 2018 mencapai 100.000 wisatawan Spanyol.

Pameran B-Travel edisi ke-26 ini telah diikuti oleh 189 peserta pameran yang terdiri dari kantor perwakilan pariwisata komunitas/propinsi/regional di wilayah Spanyol, kalangan pelaku bisnis pariwisata (international travel agent/tour operator) dari berbagai negara (40 negara tujuan wisata seperti China, Jepang, Jamaica, Jerman, Indonesia, India, Iran, Italia, Kuba, Kyrgistan, Maroko, Perancis, Peru, Portugal, dan Tunisia) serta ratusan kalangan industri dan perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata seperti transportasi, penerbangan, perhotelan, restoran, baik nasional maupun internasional dan kalangan travel bloggers. 

Menurut data Fira Barcelona sebagai penyelenggara utama, pameran B-Travel 2018 ini telah dihadiri oleh lebih dari 30.000 (tiga puluh ribu) pengunjung dan tahun ini mengalami peningkatan pengunjung sebesar 10% dibandingkan dengan tahun 2017. Di sela-sela pameran B-Travel, juga telah diselenggarakan beberapa kegiatan seminar, meeting, workshop dan pertunjukan kesenian dan tarian yang dikoordinir Fira Barcelona yang menghadirkan pembicara/narasumber dari kalangan pelaku bisnis, profesional/CEO, industriawan, investor pariwisata, wakil pemerintahan, chef international, blogger, tim seni budaya dan jurnalis.(Sumber: Fungsi Pensosbud KBRI Madrid)​