Bela Sungkawa untuk Lombok dari Perayaan ASEAN Day di Buenos Aires


Buenos Aires, 10 Agustus 2018: Acara perayaan HUT ASEAN ke-51 juga turut diperingati Buenos Aires, Argentina oleh seluruh perwakilan negara anggota ASEAN yang berada di Buenos Aires di Auditorium Manuel Belgrano, Kementerian Luar Negeri dan Agama Republik Argentina dengan mengundang seluruh korps diplomatik dan Friends of ASEAN di Argentina (8/8).

Ditengah meriah perayaan HUT ASEAN ke-51 tersebut, para hadirin yang datang diajak untuk mengheningkan cipta atas bencana gempa yang terjadi di Lombok, Indonesia.

“Marilah kita bersama-sama mengheningkan cipta dan mendoakan saudara-saudara kita di Indonesia agar cepat pulih dari keadaan bencana", demikian disampaikan Duta Besar Malaysia Dato´ Mohd Khalid A Abdul Razak yang bertindak selaku Ketua ASEAN Committee in Buenos Aires.

Dalam pidato pembukaannya, Wakil Menteri Luar Negeri Dubes Raimondi juga menyampaikan rasa belasungkawanya terhadap kejadian di Lombok yang terjadi secara berurutan pada tanggal 29 Juli dan 5 Agustus 2018 yang telah memakan ratusan korban jiwa sekitar dan ratusan lainnya luka-luka.

Perayaan HUT ASEAN Berlangsung Meriah

Sebagaimana di tanah air, pelaksanaan HUT ASEAN atau ASEAN Day berlangsung meriah dan merupakan acara yang dinantikan oleh publik Argentina. Kemeriahan tersebut juga dikarenakan pada tahun 2018, Argentina resmi menandantangani dokumen aksesi Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia atau TAC.

"Kami merasa senang dan terhormat bahwa Argentina diundang secara khusus untuk berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-51 yang diadakan di Singapura pada 2 Agustus 2018, di mana Menlu Jorge Faurie menandatangani Perjanjian TAC", ungkap Raimondi.

Keinginan Argentina untuk mulai menjalin hubungan dekat dengan ASEAN bukan tanpa alasan. ASEAN merupakan pasar yang sangat potencial dengan jumlah penduduk lebih dari 650 juta orang. “Pada tahun 2017, Argentina dan ASEAN memiliki total perdagangan US $ 7,8 miliar", sambung Dubes Raimondi.

Acara perayaan ditutup dengan pemotongan kue secara bersama-sama oleh Kepala Perwakilan negara anggota ASEAN di Buenos Aires dan Wakil Menlu Raimondi. Acara juga dimeriahkan dengan Fashion Show yang menampilkan beragam pakaian khas negara-negara ASEAN. Indonesia menampilkan baju khas Minangkabau.

Hadirin juga disuguhi makanan-makanan khas negara anggota ASEAN, seperti Sate Maranggi dari Indonesia, Pad Thai dari Thailand, Nasi Lemak ala Malaysia, Nasi Goreng Vietnam dan Panada khas Filipina. (Sumber: KBRI Buenos Aires)