Pertemuan Komite Konsultasi Bilateral (KKB) Ke-2 RI-Kyrgyzstan Tegaskan Komitmen Perkuat Kerja Sama

Direktur Asia Selatan dan Tengah, Ferdy Piay dan Direktur Politik 3, Kementerian Luar Negeri Kyrgyzstan, Ulan Djusupov saling bertukar Nota Kesepakatan bertempat di Ruang Garuda I, Kementerian Luar Negeri, Jakarta (6/12).


Jakarta: Kementerian Luar Negeri telah menyelenggarakan Pertemuan Komite Konsultasi Bilateral (KKB) ke-2 RI-Kyrgyzstan di Jakarta. Pertemuan dipimpin bersama oleh Direktur Asia Selatan dan Tengah, Ferdy Piay dan Direktur Politik 3, Kementerian Luar Negeri Kyrgyzstan, Ulan Djusupov bertempat di Ruang Garuda I, Kementerian Luar Negeri, Jakarta (6/12).

Pertemuan telah membahas berbagai bidang kerja sama, antara lain bidang politik dan keamanan, kerja sama ekonomi, kerja sama sosial budaya, kekonsuleran, pendidikan dan pelatihan serta pertukaran pandangan dalam isu-isu internasional.

Hubungan politik kedua negara yang erat dapat dilihat dari intensitas pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri dan pejabat tinggi lainnya serta frekuensi kunjungan pejabat Pemerintah maupun anggota Parlemen ke masing-masing negara. Kedua negara juga saling memberikan dukungan atas pencalonan masing-masing di berbagai badan dunia.

Dalam bidang ekonomi, diakui bahwa perlu upaya lebih untuk mendorong nilai perdagangan bilateral RI-Kyrgyzstan yang masih sangat rendah, yaitu sebesar USD 1.91 juta (tahun 2016) dan USD643.7 ribu (catatan hingga Agustus 2017). Pertemuan KKB ke-2 ini sepakat untuk mendorong peningkatan interaksi kamar dagang dan kalangan bisnis kedua negara, antara lain melalui kehadiran dalam promosi perdagangan (seperti Trade Expo Indonesia / TEI di Indonesia) dan upaya untuk menjajaki potensi investasi masing-masing.

Kedua pihak sepakat untuk meningkatkan intensitas kerja sama olah raga dan pertukaran pelajar maupun mahasiswa melalui berbagai skema beasiswa sebagai upaya untuk mendorong hubungan di bidang sosial budaya. Indonesia menyambut baik keinginan Kyrgyzstan untuk berpartisipasi dalam Asian Games tahun 2018 di Jakarta dan Palembang dan Kyrgyzstan mengundang Indonesia pada kegiatan  III World Nomad Games di Kyrgyzstan di tahun 2018.

Pertemuan secara khusus juga membahas rencana kunjungan Menteri Luar Negeri Kyrgyzstan ke Indonesia yang dijadwalkan dilaksanakan pada bulan Januari 2018. (Sumber: Direktorat Asselteng/Kemlu).