Tim Yalin Jeddah Kenalkan Inovasi Sistem Layanan Keimigrasian di Thaif

Jeddah, Arab Saudi: Dalam rangka memperkenalkan pelayanan keimigrasian dengan sistem biometrik, Tim Pelayanan dan Perlindungan (Yanlin) KJRI Jeddah terus melakukan kegiatan sosialisasi pelayanan keimigrasian di berbagai kota di wilayah kerja KJRI Jeddah, salah satunya di Kota Thaif.

Konsul Imigrasi KJRI Jeddah, I. Ismoyo bersama tim, menjadi narasumber pada kegiatan yang berlangsung Jumat (6/10/2017) dan dihadiri sekitar 170 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Guna menggalang masyakarat di Kota berhawa sejuk itu, KJRI Jeddah menggandeng paguyuban masyarakat Indonesia di Thaif yang tergabung dalam organisasi Buruh Migran Indonesia atau BMI-SA.

Materi yang disampaikan meliputi pelayanan keimigrasian dengan Sistem Biometrik, kiat pascaselesainya penerbitan paspor dan pembaharuan Perjanjian Kerja (PK), Kartu Masyarakat Indonesia Luar Negeri (KMILN), tata cara pengajuannya dan inovasi layanan informasi keimigrasian.

Inovasi layanan keimigrasian KJRI Jeddah yang diperkenalkan dalam kegiatan tersebut antara lain SMS Gateway dan KJRI Jeddah Mobile yang peluncurannya telah dilakukan sekitar setahun silam namun belum diketahui secara luas oleh masyarakat.

Acara ini juga diisi dengan tanya jawab seputar keimigrasian dan kewarganegaraan. Beberapa perwakilan WNI mengusulkan agar acara serupa lebih sering diadakan mengingat banyaknya permasalahan yang dialami WNI yang memerlukan solusi segera.

"Kami kadang kebingungan harus mengadu kemana. Maka dari itu, kehadiran KJRI Jeddah di tengah-tengah kami sangat kami butuhkan," ujar seorang peserta yang tidak menyebutkan namanya.

Acara berlangsung khidmat dan lancar, diawali pembacaan Al Quran, lantunan sholawat Nabi dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pemaparan materi dan Tanya jawab dan diakhiri dengan makan malam bersama. (Sumber : KJRI Jeddah)