KBRI Sapa Ekspatriat Indonesia di Daerah Dammam dan Sekitarnya


Riyadh, Arab Saudi: Tim KBRI Riyadh didampingi oleh Ketua dan sebagian Anggota DWP KBRI Riyadh telah mengadakan silaturahim dengan Ketua, Pengurus dan sebagian Anggota IATMI Komisariat Arab Saudi, di hotel Kempinski, Dammam, akhir minggu lalu (8/3). 

Dalam sambutannya, Duta Besar RI menyampaikan apresiasi yang tinggi atas keberadaan IATMI yang selalu berkomunikasi dengan KBRI Riyadh. Kiranya kiprah IATMI di Arab Saudi dapat menjadi contoh bagaimana para tenaga kerja skill Indonesia dapat bersaing di Arab Saudi. Dubes RI juga menyampikan ucapan selamat atas terbentuk dan dikukuhkannya Kagama Komisariat Arab Saudi seraya berharap kiranya kiprah Kagama di Arab Saudi dapat memperkuat jejaring yang selama ini telah terbangun. Selain itu Dubes RI juga menyampaikan akan adanya Pemilu 2019 yang penyelenggaraannya akan dimulai dalam waktu dekat.

Sementara itu, Ketua IATMI Komisariat Arab Saudi, Gentur Sedyaporna Suhargo, menyampaikan penghargaan atas kehadiran KBRI Riyadh seraya memperkenalkan seluruh pengurus IATMI Komisariat Arab Saudi. Menurutnya, saat ini anggota IATMI Komisariat Arab Saudi berjumlah 250 yang terdiri dari pekerja di Aramco (terbanyak) dan perusahaan service lainnya seperti Shell, dan schlumberger.

​Ketua IATMI juga menyampaikan bahwa saat ini telah terbentuk Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Cabang Khusus Arab Saudi yang telah disahkan melalui Surat Keputusan Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) No. 121/KPTS/PP-KAGAMA/II/2018 dengan Ketua Sdr. Gentur Sedyaporna masa bhakti 2018-2023. Keberadaan Kagama di Arab Saudi diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara. 

Beberapa pembicaraan yang dibahas adalah akan ditingkatkannya saling kunjung antara KBRI Riyadh dan IATMI; Harapan akan ada kunjungan Duta Besar RI ke fasilitas Aramco pada Semester Kedua 2018; Tindak lanjut Tournament Golf Piala Duta Besar RI dan kesanggungan anggota IATMI untuk menyukseskan Pemilu 2019. Acara dilanjutkan dengan saling bertukar cinderamata antara Dubes RI Riyadh dan Ketua IATMI disaksikan oleh seluruh hadirin. Acara diakhiri dengan santap malam bersama dan ramah tamah.

Final Sepakbola Dammam Cup 2018

Sementara itu pada 9 Maret 2018, tim KBRI telah menghadiri Final Sepakbola Dammam Cup 2018 antara Nusantara FC dan Fawazia FC di lapangan sepakbola rumput 'Anak (Raka Sport City), Dammam. Pertandingan yang berlangsung dengan sportivitas tinggi tersebut menghasilkan kemenangan bagi Nusantara FC atas Fawazia FC melalui adu penalti.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah sukses menyelenggarakan Turnamen Sepakbola Dammam Cup 2018 yang berjalan dengan tertib tanpa adanya halangan berarti. Persatuan atas nama ekspatriat Indonesia dan sportifitas dalam berolah raga yang menjadi faktor utama dalam setiap kegiatan, hendaknya terus dipupuk dan ditularkan kepada saudara-saudara ekspatriat Indonesia yang lain.

Duta Besar RI menyampaikan selamat bukan hanya kepada Juara I dan II, namun juga kepada seluruh ekspatriat Indonesia di wilayah Dammam dan sekitarnya khususnya Panitia dan peserta Dammam Cup 2018. Duta Besar RI memberikan medali dan Piala Bergilir Duta Besar RI kepada juara I yang dilanjutkan dengan foto bersama dengan Juara I dan II didampingi Panitia Dammam Cup 2018.

Final Sepakbola Dammam Cup (94).jpg

Pada kesempatan yang sama, tim KBRI Riyadh serta Ketua dan sebagian Anggota DWP KBRI Riyadh juga menghadiri Gathering sekaligus meresmikan Paguyuban Warga Negara Indonesia (Pagarindo) di Saudi Kayan Beach Camp, Abu Ali Island, Jubail.

Acara diawali dengan ramah tamah dan makan siang bersama yang dilanjutkan dengan acara resmi menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh anak-anak Indonesia di Jubail. Dalam sambutannya Ketua Pagarindo, Sdr. Yusron Humaedi menyampaikan selamat datang dan berbahagia sekali dapat dikunjungi oleh Dubes RI. Menurut Ketua Pagarindo, saat ini anggota Pagarindo tercatat sebanyak 300 orang terdiri dari ekspatriat Indonesia lintas pekerjaan, suku, agama dan ras. Pagarindo adalah sebuah paguyuban mandiri, nirlaba dan tanpa ada afiliasi dari pihak manapun.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI menyampaikan penghargaan kepada seluruh undangan khususnya Panitia yang telah menyiapkan acara, serta  ucapan selamat atas terpilihnya Sdr. Yusron Humaedi sebagai Ketua Pagarindo. Kepada Pengurus dan anggota Pagarindo Duta Besar RI berpesan agar terus menerus meningkatkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan keterampilannya di berbagai bidang.

Sebelumnya, di ruang terpisah Ketua DWP KBRI Riyadh, Ibu Lukluul Muniroh Maftuh didampingi sebagian pengurus DWP KBRI Riyadh telah mendengarkan paparan dari Ibu Yusron Humaedi yang menjelaskan tentang kiprah perempuan Pagarindo.  Kepada para ibu-ibu, Ketua DWP menyampaikan kebahagiaannya, terharu dan sangat bangga atas kiprah para perempuan di Pagarindo seraya berharap agar ke depan semakin banyak WNI khususnya perempuan yang peduli dengan sesama, saling tukar menukar pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat dalam rangka pemberdayaan perempuan.

Gathering Pagarindo (88).JPG

Dalam sambutannya Ketua DWP KBRI Riyadh antara lain mengajak seluruh perempuan Indonesia di Arab Saudi untuk menjadi perempuan Indonesia yang berkualitas yang selain mampu menjadi mitra sejajar laki-laki juga dapat mengangkat harkat dan martabat serta kemandirian perempuan. Ketua DWP KBRI Riyadh juga mengucapkan selamat Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2018. (Sumber: Pensosbud KBRI Riyadh)