Dubes RI Menanam Pohon di Ambassador Alley di Sarajevo


Sarajevo: Dubes RI untuk Bosnia & Herzegovina, Amelia Achmad Yani menanam sebuah pohon di Ambassador's Alley di Sarajevo. Kegiatan ini diprakarsai oleh Pemerintah Kota Stari Grad Sarajevo (Kota Tua Sarajevo). Pemkot tersebut memulai kegiatan ini sejak tahun 2002 dan saat ini sudah terdapat 183​ pohon, ditanam oleh para dubes maupun pejabat asing lainnya yang sedang bertugas di Bosnia & Herzegovina. Selain Dubes RI, di saat yang bersamaan terdapat 4 pejabat asing lainnya yang berkesempatan menanam pohon yaitu Dubes Bulgaria, Dubes Mesir, Dubes Swiss, dan Wakil PBB untuk B&H, yang kebetulan semuanya adalah wanita. Hadir dalam acara penanaman pohon tersebut adalah walikota Stari Grad Sarajevo Ibrahim Hadžibajrić. Penanaman pohon ini melambangkan persahabatan Bosnia & Herzegovina sekaligus menunjukkan sikap keterbukaan dan keinginan untuk bekerja sama dengan negara-negara lain.(7/11)

Jenis pohon yang ditanam adalah Pohon Saru (Lindens tree) atau Lipa dalam bahasa setempat. Pohon ini biasa tumbuh di wilayah bumi bagian utara yang memiliki iklim sedang. Pohon ini dapat berumur sampai ratusan tahun dan dapat tumbuh mencapai 20 sampai 40 meter.

Ambassador's Alley berada di jalan Dariva yang memanjang sejauh 8 km di tepi sungai Miljacka yang membelah kota Sarajevo. Saat ini Pemkot Stari Grad Sarajevo telah menjadikan jalan Dariva yang berada di sebelah timur Sarajevo sebagai ruang pejalan kaki dan melarang kendaraan motor untuk melewatinya. Namun dari sejarah diketahui bahwa pada masanya dulu, jalan Dariva merupakan jalur tertua dan menjadi akses terpenting untuk memasuki Sarajevo. (KBRI Sarajevo)