Pertemuan Konjen RI Houston Dengan Presiden ExxonMobil Indonesia

Diplomasi Energi Pada Pertemuan Konjen Ri Houston Dengan Presiden Exxonmobil Indonesia


Houston, Amerika Serikat: Konjen RI Houston, Ibu DR. Nana Yuliana telah bertemu dengan Presiden Exxonmobil Indonesia di Exxonmobil Campus yang berlokasi satu jam dari kota Houston di Spring, Texas. Sambutan hangat diterima Konjen RI saat berkunjung yang diterima oleh Presiden Exxonmobil Indonesia, Daniel Wiezcynski yang akrab dipanggil Pak Dan. Pak Dan didampingi oleh dua orang pejabat Exxonmobil , Senior Vice President for Government Relations, Exxonmobil Indonesia, Erwin Marwoto dan Azi Alam Advisor for Asia Pacific Exxonmobil Corporation.(7/10)

Exxonmobil adalah salah satu investor migas terbesar di tanah air. Salah satu milestone achievement Exxonmobil adalah penemuan Blok Cepu, di Bojonegoro, Jawa Timur yang pada mulanya memiliki cadangan migas sebesar 450 juta barrel cadangan minyak (oil recoverable reserves). Saat ini total penemuan cadangan telah mencapai lebih dari 750 juta barel cadangan minyak. Dan sejak tahun 2017 ini, Exxonmobil Indonesia telah memproduksi lebih dari 201 ribu barrel minyak mentah per hari setara dengan 25 persen total produksi nasional Indonesia.

Presiden Exxonmobil Indonesia dalam pertemuan menyambut baik kerja sama Exxonmobil dengan Indonesia yang telah terjalin selama lebih dari lebih dari satu setengah abad lamanya. Bahkan hubungan keduanya sangat spesiap dan strategis dengan kemitraan lebih jauh bersama Pertamina baik di bidang upstream (hulu) dan hilir (downstream). Sebagai perkembangan terbaru disampaikaan pula joint venture explorasi antara keduanya di ladang minyak di Irak di lapangan West Qurna I. Di samping itu, Pertamina saat ini telah menjajaki kerja sama lebih jauh dengan Exxonmobil utamanya di hulu, hilir, pusat riset bersama dan chemicals.

Konjen RI menanggapi positif keberadaan Exxonmobil di Indonesia dan mengharapkan pula peningkatan kerja sama bagi peningkatan produksi migas nasional. Selanjutnya ia menyampaikan bahwa Exxonmobil juga perlu mendorong peningkatkan kerja sama investasi di bidang energi baru dan terbarukan di Indonesia.

Pertemuan juga mencatat bahwa masih perlunya peningkatan iklim investasi migas di tanah air khususnya di bidang eksplorasi. Sejumlah negara ASEAN lainnya seperti Viet Nam, Malaysia dan Singapura sangat aktif menawarkan investasi dengan rezim fiskal yang menarik dan bersaing agar investor memperoleh kepastian pengembalian investasi dan cost efficient.

Pada akhir pertemuan Presiden Exxonmobil Indonesia menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan hubungan antara kedua belah pihak khususnya peningkatan kerja sama di bidang energi. Ia memastikan bahwa Indonesia khususnya melalui Pertamina tetap menjadi mitra strategis Exxonmobil di kawasan Asia Pasifik.(Sumber: KJRI Houston)