Batik Indigo Indonesia Tampil Memikat di Sri Lanka


Colombo, Srilanka: Keindahan batik Indigo berhasil memikat hati warga negara Sri Lanka melalui kegiatan Worskhop dan Fashion Showyang diselenggarakan KBRI Colombo dalam rangka peringatan HUT RI ke-73 di Sri lanka.(5/9)

Duta Besar Indonesia untuk Sri Lanka dan Maladewa, I Gusti Ngurah Ardiyasa, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Galeri Batik Jawa telah mempromosikan Batik Indogo ke berbagai negara dan baru saja telah menerima Penghargaan Produk Baru Terbaik, Artisan Resource Summer 2018 di Pameran Internasional di New York. KBRI Colombo mengundang Galeri Batik Jawa dari Yogyakarta bertujuan untuk mempromosikan budaya Batik Indonesia ke Sri Lanka.

Koleksi Batik Indigo yang ditampilkan memiliki keunggulan karena konsep pengerjaannya menggunakan pewarna alami dari Indigofera tinctoria, sehingga memiliki nilai ramah lingkungan. Selain itu proses pengerjaan batik yang melibatkan kaum perempuan di Yogyakarta membuka lapangan pekerjaan dan mendukung pemberdayaan perempuan di kawasan te

rsebut.

 

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penyelenggaraanFashion Show 4 September 2018 di Sangri-La Hotel Colombo, yang dihadiri oleh perwakilan pemerintah Sri Lanka, kalangan industri fashion dan tekstil Sri Lanka, Duta Besar dan Diplomat asing, mitra kerja KBRI, pengusaha setempat, Biro perjalanan, serta perwakilan kelompok masyarakat Indonesia di Sri Lanka.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan persembahan tari kreasi dan tradisi Indonesia oleh masyarakat Indonesia di Sri Lanka berkolaborasi dengan Kelompok tari Sri Lanka, yang menampilkan tarian LenggahsorLengger Lenggasor dari Purbalingga dan Tarian Lenggang Nyai dari Betawi.  

Para pengunjung mengagumi keindahan Batik yang diperagakan dan dipamerkan, terutama setelah mendapatkan pemaparan mengenai proses pengerjaan batik yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan, dari mulai proses pembuatan pola, aplikasi lilin, hingga pewarnaan yang menggunakan bahan pewarna alami.(Sumber: KBRI Colombo)