Tingkatan Pemahaman tentang Polugri, Peserta IFDR Kunjungi Kemlu RI


Jakarta, 10 September 2018: 8 peserta Diploma in Diplomacy (DiD) pada Institute of Diplomacy and Foreign Relations (IDFR) Malaysia yang dipimpin oleh Direktur Pusat Penguatan Kompentensi, Zakaria Nasir, telah berkunjung ke Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta (10/9). Kunjungan dimaksud merupakan bagian dari Attachment Programme peserta IDFR ke Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

Dalam sambutan pembukanya, Plh. Direktur Asia Tenggara menyampaikan bahwa Kementerian Luar Negeri menyambut baik kunjungan delegasi IDFR Malaysia guna memperoleh informasi mengenai peran dan fungsi sejumlah satuan kerja di Kementerian Luar Negeri RI dalam mendukung pelaksanaan Politik Luar Negeri RI. Selain itu, kunjungan dimaksud merupakan bentuk kedekatan hubungan kedua negara bersahabat.

Dalam kesempatan tersebut telah telah disampaikan paparan mengenai prioritas Politik Luar Negeri RI dan peran Indonesia di kawasan, serta perkembangan hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia oleh Plh. Direktur Asia Tenggara; Peran dan Fungsi BPPK oleh Kepala Bidang Kerjasama ASEAN, Kerjasama Intrakawasan dan Kerjasama Antarkawasan P2K Aspasaf BPPK; serta peran Diplomasi Publik dalam mendukung pelaksanaan Kebijakan Politik Luar Negeri RI oleh Direktur Diplomasi Publik.

Beberapa hal yang mengemuka dalam sesi tanya jawab antara lain adalah: 1). Program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah dan Kemlu terkait Diplomasi Publik; 2). Penyelenggaraan Policy Planning Dialogue untuk mendukung penyusunan rekomendasi kebijakan; dan 3). Kegiatan Diplomasi Publik oleh Kemlu.

Kegiatan field visit delegasi IDFR Malaysia ke Indonesia ke Kemlu bukan hanya meningkatkan pemahaman para peserta mengenai Politik Luar Negeri RI, tetapi juga untuk memperoleh gambaran mengenai peran dan pelaksanaan Diplomasi Publik oleh Kemlu dalam rangka mendukung Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI. (Sumber: Direktorat Astara)