Indonesia-Bangladesh Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Bangladesh A.K. Abdul Momen di Dhaka, Bangladesh. (foto: unb.com.bd)


Dhaka, Bangladesh: Indonesia-Bangladesh sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi. Hal tersebut merupakan salah satu hasil Pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi dan Menlu Bangladesh yang baru, A.K. Abdul Momen di Dhaka (4/2/2019).

Menlu Abdul Momen sangat mengapresiasi kunjungan Menlu Retno ke Dhaka. Menlu Retno merupakan Menlu pertama yang berkunjung ke Bangladesh di bawah pemerintahan baru PM Hashina.

Kerja sama perdagangan akan ditingkatkan melalui PTA (Preferential Tariff Agreement), yang negosiasinya akan dimulai akhir February di Dhaka. Selain itu, upaya penyelesaian draft Sales and Purchase Agreement for LNG Supply juga dibahas dalam Pertemuan.

Selain itu, kedua Menlu juga membahas isu Rakhine State. Bangladesh mendukung keterlibatan ASEAN yang lebih besar di Rakhine State. kedua Menlu juga sepakat mengenai pentingnya repatriasi yang sukarela, aman dan bermartabat.

Selama kunjungan ke Dhaka, Menlu RI juga melakukan kunjungan kehormatan ke PM Bangladesh, Sheikh Hashina. Menlu RI juga bertemu dengan State Minister for Foreign Affairs, Shahriar Alam.

Sebelum meninggalkan Dhaka, Menlu Retno berkesempatan melakukan pembicaraan per telepon dengan Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Myanmar, Duta Besar Christine Schraner Burgener. (Sumber: Kemlu)​