Imam Besar Masjid Al Aqsa ‎Syaikh Ikhrimah Shabri Kunjungi Museum KAA


Bandung – Imam Besar Masjid Al Aqsa Palestina, ‎Syaikh Ikhrimah Shabri berkunjung ke Museum KAA – Gedung Merdeka, Minggu, (12/6). Hal itu ia lakukan dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia. Di Museum KAA Syaikh Ikhrimah Shabri menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina sejak KAA 1955.

“Terima kasih kepada pemerintah Indonesia. Kami menerima dukungan yang luar biasa dari pemerintah dan rakyat Indonesia,” ujar Syaikh Ikhrimah Shabri yang didampingi istri dan putrinya saat meninjau Ruang Utama Gedung Merdeka, tempat berlangsungnya sidang-sidang utama KAA. Saat itu, Syaikh Ikhrimah Shabri pun tampak tak mampu menyembunyikan rasa harunya.

Di Ruang Pameran Tetap Museum KAA Syaikh Ikhrimah Shabri antusias mengamati foto-foto Mufti Besar Palestina Mohammed Amin al-Husseini sebagai delegasi peninjau Palestina di sidang-sidang KAA. Kepada Edukator Museum KAA, Ginanjar Legiansyah ia berujar, “Saya saat ini menggantikan posisi Mohammed Amin al-Husseini di Palestina.”

Di penghujung tur, Syaikh Ikhrimah Shabri berpesan, “Kami di Palestina tidak kelaparan dan kehausan. Apa yang kami butuhkan hanya satu, yaitu kemerdekaan Palestina.”

Terkait kunjungan itu, Kepala Museum KAA, Thomas Siregar menjelaskan, dukungan KAA atas kemerdekaan Palestina adalah mutlak. Dukungan itu dapat ditelusuri melalui dokumen Komunike Akhir KAA 1955. “KAA menyatakan sokongannya kepada hak bangsa-bangsa Arab atas Palestina dan menyerukan dilaksanakannya resolusi PBB mengani Palestina,” tutur Thomas menirukan isi komunike itu.

Selain itu, menurut Thomas, dukungan untuk Palestina juga digelar melalui pelaksanaan Konferensi Kerjasama antara Negara-Negara Asia Timur untuk Pembangunan Palestina. Bahkan, baik pada KTT Asia Afrika 2005 dan KTT Asia Afrika 2015 dukungan atas Palestina terus dihidupkan.

(Sumber: Museum KAA)