Hadiri KTT Ke-32 ASEAN, Presiden Jokowi Ingatkan Pengamanan Data Pribadi di Ruang Siber

Presiden RI Joko Widodo akan bertolak ke Singapura untuk menghadiri KTT ke-32 ASEAN pada tanggal 27 April 2018. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi akan mendorong ASEAN untuk meningkatkan kerja sama dalam melindungi data pribadi masyarakat. Inisiatif ini didasarkan pada perkembangan terkait penyalahgunaan data pribadi pengguna platform media sosial terkemuka yang merugikan masyarakat di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

Selain kerja sama perlindungan data pribadi, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan pentingnya kerja sama ASEAN untuk membangun jaringan kota pintar sebagaimana yang akan dikembangkan dalam ASEAN Smart Cities Network (ASCN). Sebagaimana diketahui, Indonesia juga memiliki ‘Gerakan Menuju 100 Smart City’. Program semacam ini diharapkan akan mengurangi kesenjangan pembangunan antar wilayah yang berimplikasi pada tingkat kesejahteraan yang berbeda. Untuk itu Presiden Jokowi yakin ASCN, yang sejalan dengan agenda nasional dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat, akan menjadi jawaban terhadap tantangan pembangunan Masyarakat ASEAN yang inovatif dan memiliki ketahanan.

Nota konsep ASCN dan ASEAN Leaders’ Statement on Cyber Security Cooperation merupakan dokumen yang akan disahkan para Pemimpin ASEAN di KTT ke-32 ASEAN, selain dokumen penting lainnya, yaitu ASEAN Leaders’ Vision for a Resilient and Innovative ASEAN.

Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Iriana dijadwalkan akan tiba di Singapura pada tanggal 27 April 2018 untuk memulai rangkaian kegiatan yang diawali dengan jamuan makan malam Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, di Istana Singapura dan dilanjutkan Sesi Pleno KTT ke-32 ASEAN. Rangkaian pertemuan akan ditutup setelah pelaksanaan Retreat Kepala Negara ASEAN pada tanggal 28 April 2018. (Sumber: Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN)