Tentang Pelayanan Perwakilan

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Luar Negeri Nomor SK. 06/A/OT/VI/2004/01, Tugas pokok Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Houston adalah melaksanakan hubungan konsuler dan memperjuangkan kepentingan nasional Negara Republik Indonesia, melindungi Warga Negara Republik Indonesia, dan Badan Hukum Indonesia di wilayah kerja di negara-negara bagian New Mexico, Texas, Oklahoma, Arkansas, Tennessee, Mississipi, Lousiana, Alabama, Georgia, Florida, US Virgin Island dan the Commonwealth of Puerto Rico, sesuai dengan kebijakan pemerintah yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Wilayah kerja KJRI Houston ini  mempunyai kekhusuan tersendiri dan terkenal sebagai Oil and Gas Beltway of America.  Daerah tersebut membentang mulai dari New Mexico di barat sampai Georgia dan Florida di timur serta Oklahoma di utara sampai Texas  dan Louisiana di selatan. Selain minyak dan gas bumi juga mempunyai keunggulan di bidang petrokimia, pertambangan, real estate, manufaktur, asuransi, keuangan, transportasi, konstruksi, pertanian, pariwisata, lingkungan hidup, perdagangan umum dan pelayanan kesehatan.

Fungsi Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Houston adalah:

  1. perwakilan pemerintah dalam memperjuangkan kepentingan nasional, Negara dan Pemerintah Indonesia di Wilayah Kerja,;
  2. perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia di Wilayah Kerja;
  3. pelaporan tentang hasil pengamatan,analisis dan rekomendasi;
  4. peningkatan hubungan dengan Wilayah Kerja;
  5. pembinaan dan koordinasi dalam pelaksanaan politik luar negeri dan hubungan luar negeri, serta pelaksanaan tugas dan pelayanan administrasi Perwakilan;
  6. pengawasan fungsional dan administratif di Perwakilan.

Untuk mencapai tugas dan fungsi KJRI Houston dimaksud, Konsul Jenderal RI Dr. Nana Yuliana menciptakan  3. 9 Strategy yaitu:

39 Strategy.jpg