Pesta Dirgahayu RI ke-73 di Houston bangkitkan energi persatuan Indonesia dan solidaritas penggalangan Dana untuk Lombok

​Peringatan Dirgahayu ke-73 Indonesia di Texas, kali ini penuh semangat dan kebersamaan. Mulai dari kegiatan olahraga, perlombaan, upacara detik-detik Proklamasi hingga acara puncaknya yaitu Bazar dan Pesta rakyat. Lebih dari 500 orang telah mengikuti rangkaian acara dimaksud. Semangat kemerdekaan kali ini tidak hanya membangitkan semangat persatuan juga berhasil menggalang dana bagi korban gempa di Lombok.

Pesta Dirgahayu Indonesia ke-73 di Houston telah dimeriahkan oleh bazar kuliner dan penampilan budaya Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2018. Masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Dallas, San Antonio dan Austin juga turut memeriahkan acara, antara lain penampilan tari Saman, Jaipong, Betawi, Sajojo dan demo Pencak Silat. Bekerja sama dengan Indonesia Diaspora Network (IDN), acara juga berhasil kumpulkan dana untuk korban gempa di Lombok sebesar $2.017 dan Rp.110.000 yang akan disalurkan melalui Indonesia Diaspora Foundation (IDF). Suasana semakin meriah dengan diisi acara mendadak dangdut.

Bertemakan Kerja Kita, Prestasi Bangsa, Konjen RI Houston, Dr. Nana Yuliana,  sampaikan untuk terus bekerja sama demi kemajuan bangsa dan mampu bersaing dengan negara lain pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi tanggal 17 Agustus 2018. Konjen Nana Yuliana juga tekankan untuk tetap menjaga kesatuan bangsa serta mencegah praktik yang berpotensi memecah persaudaraan apalagi menjelang tahun politik ini. Upacara berlangsung khidmat ketika Paskibra dan anggota TNI melakukan pengibaran bendera. Anggota TNI tersebut sedang menempuh studi di Defense Language Institute Joint Base San Antonio (JBSA).  Suasana semakin meriah dengan kelompok aubade dan angklung mempersembahkan lagu-lagu perjuangan. Tak kalah serunya, masyarakat juga unjuk bakat dan kreatifitas dengan mengadakan lomba karaoke dan menghias tumpeng. Acara dilanjutkan dengan pemutaran film Soekarno dan Upacara Penurunan Bendera.

Peringati Dirgahayu HUT RI ke-73, KJRI Houston bekerja sama dengan masyarakat Indonesia selenggarakan kegiatan 14 cabang olahraga dan permainan seperti, bowling, pingpong, tenis, sepeda gembira, gaple, voli, basket, futsal, golf, badminton dan memancing. Tentunya, anak-anak juga turut meramaikan acara dengan mengikuti lomba makan kerupuk dan balap karung. Dengan moto Fresh, Fun and Friendship, Konjen RI Houston, Dr. Nana Yuliana berharap agar membangkitkan energi persatuan Indonesia demi kemajuan bangsa.

Rangkaian kegiatan ini menunjukan semangat keanekaragaman dan kebersamaan suasana Dirgahayu ke-73 Indonesia sebagaimana tercermin dalam semboyan Indonesia yaitu, Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity). Pesta Rakyat juga tidak hanya mempererat silaturahmi tetapi juga berhasil menggalang dana untuk korban gempa di Lombok.  Pesta Dirgahayu kali ini juga merupakan wujud  solidaritas masyarakat Indonesia di Texas kepada tanah air. Dirgahayu Indonesia, Dirgahayu Negeriku!

 

 

Sumber: KJRI Houston