Perayaan Kemerdekaan Indonesia ke-73 dengan Indahnya Penampilan Noesantara Ethnic Music Group, Houston 2018

Puncak acara peringatan HUT RI ke-72 telah diakhiri dengan Acara Resepsi Diplomatik di KJRI Houston pada tanggal 19 Oktober 2018. Resepsi dihadiri oleh sekitar 200 undangan terdiri dari perwakilan dari Senator Senator AS, Kongres AS dan Walikota Houston, perwakilan Office of Foreign Mission, Konsul Jenderal dan pejabat Consular Corps of Houston, kalangan pengusaha, akademisi dan tokoh organisasi masyarakat Indonesia.

Perwakilan dari Senator AS Ted Cruz, Kongres AS Al-Green dan Walikota Houston Sylvester Turner menyampaikan ucapan selamat kemerdekaan Indonesia dan penghargaan kepada Konjen RI beserta seluruh staf KJRI Houston atas kinerjanya dalam mempromosikan hubungan ekonomi dan budaya antara RI dan AS.

Konjen RI dalam sambutannya antara lain duka cita yang mendalam atas korban  Hurricane Michael di Florida dan gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Lebih lanjut, Konjen RI menyampaikan perkembangan hubungan bilateral RI dan AS, khususnya di wilayah kerja KJRI Houston di bidang ekonomi, pendidikan dan energi. Konjen RI juga menjelaskan peran Indonesia dalam forum internasional seperti keanggotaan tidak tetap dalam Dewan Keamanan PBB (2019-2020), keketuaan dalam forum regional MIKTA dan Indonesia sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan 2018 Asian Games dan 2018 IMF dan WB Meeting.

Bertemakan budaya Bali, para tamu disambut dengan tarian Bali, Kembang Girang dan dilanjutkan dengan menyanyikan secara khidmat lagu kebangsaan RI dan AS yang dibawakan oleh mahasiswa Indonesia asal Papua, Itamar Kondologit.

Acara dilanjutkan dengan persembahan musik etnik modern yang dibawakan oleh Tiara Siahaan (14 tahun), pianis dan komposer muda berbakat dari Indonesia. Beberapa persembahan andalannya antara lain aransemen musik etnik modern Oh Tano Batak, Manuk Dadali, the Beauty of Balinese Dancer dan Hello Jakarta. Penampilan musik tersebut dikemas dengan video paraiwisata Indonesia yang menarik dan berkolaborasi dengan penari KJRI Houston. Para undangan juga terkesan dengan penampilan angklung interaktif yang dibawakan oleh kelompok kesenian Angklung of Houston. Resepsi Diplomatik merupakan bagian dari upaya diplomasi publik dalam mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia serta meningkatkan konektivitas dengan pengusaha dan masyarakat setempat.

​(Sumber: KJRI Houston)