Konjen Nana Yuliana Promosikan Ekonomi Indonesia ke Secretary of State Texas

Pada tanggal 21 Mei 2018, Konjen RI Houston, Dr. Nana Yuliana bertemu dengan Texas Secretary of State, Mr. Rolando Pablos.  Ini adalah pertemuan one-on-one pertama antara Konjen RI Houston, Dr. Nana Yuliana dan pejabat tinggi negara bagian Texas. Tujuan pertemuan adalah untuk menjajaki kemungkinan kerja sama antara Indonesia dan Texas utamanya di bidang ekonomi dan sosial budaya.

Pada kesempatan tersebut, Konjen RI Houston menyampaikan perkembangan ekonomi Indonesia, neraca perdagangan Indonesia-Texas, komoditas utama perdagangan RI-Texas, profil investasi Indonesia pada kuartal pertama 2018, Trade Expo Indonesia 2018, dan MIKTA-Indonesia 2018.

Secretary Pablos menyambut dengan baik hal-hal yang disampaikan oleh Konjen RI Houston. Secretary of State Texas bahkan mengusulkan agar dapat diadakan Trade Tourism and Investment Missions dari Indonesia ke Texas, atau sebaliknya. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi ajang business matching antara pelaku bisnis Indonesia dan Texas. Tidak hanya untuk perdagangan namun juga perlu dimanfaatkan sebagai pertukaran informasi ttg investasi dan pariwisata. Kegiatan itu juga dapat digunakan sebagai ajang pertukaran budaya antara Indonesia dan Texas. Pemerintah Texas bahkan berjanji untuk bersama-sama dengan KJRI Houston, membuat program yang bermanfaat bagi semua pihak.

Pemerintah Texas juga antusias dengan adanya investasi dari perusahaan Indonesia ke wilayah Texas. PT. Saka Energi Indonesia, anak perusahaan dari PT. Perusahaan Gas Negara, bekerja sama dengan Swift Energy, perusahaan migas yang berbasis di Houston, membentuk perusahaan bernama SilverBow yang beroperasi di Fasken Eagle Ford, Laredo, Texas. Secretary of State Texas bahkan menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Laredo dan memastikan bahwa investasi Indonesia di Texas aman dan menguntungkan para investor.

Secretary Pablos tertarik dengan adanya pertukaran pelajar dari Texas ke Indonesia. Konjen RI Houston telah menyebutkan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk WNA, yaitu Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia, dan Darmasiswa. 

Konjen RI Houston akan memanfaatkan sambutan hangat dan antusiasme Secretary Pablos tersebut untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan sosial budaya antara Indonesia dan Texas.

​KJRI Houston