KONJEN RI HOUSTON JAJAKI PENAMPILAN PENCAK SILAT DAN ANGKLUNG UNTUK PENINGKATAN SISTER CITY BANDUNG-FORT WORTH, 23 JANUARI

Dalam rangka meningkatkan kerja sama SC kota Bandung dgn Fort Worth, Konjen RI, Dr. Nana Yuliana telah bertemu dengan President of Fort Worth Sister City (SC), Mae Ferguson. SC ini telah terjalin sejak tahun 1992.

​Pada kesempatan tersebut, Konjen menyampaikan bahwa setidaknya ada 5 kesamaan antara kota Bandung dgn Fort Worth al:

    1. Memiliki museum: KAA (Bandung), Art Kimbel Museum  (Fort Worth)
    2. Memiliki perusahaan penerbangan: PT. Dirgantara Indonesia (Bandung), Bell Helicopter dan Lockheed  Martin (Fort Worth)
    3. Memiliki industri kreatif (kuliner, fashion, handicraft)
    4. Sebagai kota wisata
    5. Masyarakat yang ramah
Mae Ferguson menyampaikan bahwa melalui SC selain kerja sama antar Pemerintah juga diharapkan meningkatkan people connectivity serta menciptakan potensi kerja sama ekonomi di mana Fort Worth sebagai Free Trade Zone di pusat wilayah AS.

Pertemuan berlangsung lancar dan efektif. Beberapa tindak lanjut yang akan dilakukan Konjen RI dengan Pemkot Bandung yang diadakan pada tanggal 19-20 Februari 2018 di Bandung, antara lain:
    1. KJRI akan mengundang pelatih Pencak Silat dari Jawa Barat untuk memberikan pelatihan di institusi/sekolah di Fort Worth. 
    2. Partisipasi KJRI pada Fort Worth Mayor's Dinner tanggal 24 Mei 2018 dengan tampilkan Angklung.
    3. Mendorong partisipasi Delegasi Bandung pada pelatihan kepemimpinan International Leadership Academy (ILA) bulan Juli 2018 di Fort Worth.
    4. Rencana public lecture Konjen RI di sekolah/institusi di Fort Worth.
    5. Mendorong Kota Bandung untuk mengirim siswa magang dari Bandung di Fort Worth SC Office sebagai liason Indonesia pada Fort Worth SC Office.
    6. Partisipasi Indonesia pada Fort Worth Festival.
    7. Rencana kunjungan Mayor Betsy Price ke Bandung tahun 2019.

Kerja sama SC Bandung-Fort Worth yang telah berlangsung sampai tahun 2016 ini di antaranya berupa program students exchange (10-15 siswa), antara SMA 5 dan Arlington High School, pelatihan kepemimpinan ILA, pelatihan petugas pemadam kebakaran dari Bandung di Fort Worth Fire Department. Dalam 2 tahun terakhir disampaikan bahwa Bandung tidak dapat berpartisipasi karena terkendala visa.