KONJEN RI DAN PRESIDENT RICE UNIVERSITY KOMITMENT KERJA SAMA DAN PENINGKATAN U2U PARTNERSHIP, 29 JANUARI 2018

KONJEN RI DAN PRESIDENT RICE UNIVERSITY KOMITMENT KERJA SAMA DAN PENINGKATAN U2U PARTNERSHIP, 29 JANUARI 2018

 

Konjen RI telah melakukan courtesy visit kepada President of Rice University, David W. Leebron pada tanggal 29 Januari 2018. Kunjungan juga bertujuan untuk menjalin kerja sama antara KJRI Houston dengan Rice University dan meningkatkan university to university (U2U) partnership di Indonesia dan Amerika Serikat.

Dalam perkenalannya, Konjen RI menyampaikan secara umum mengenai perkembangan Indonesia di antaranya: pertumbuhan ekonomi 5-6% dan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia; sebagai negara demokrasi ketiga dan contoh praktik religious tolerance; kepemimpinan dalam ASEAN; berperan sebagai bridge builder dalam berbagai isu di kawasan perkembangan ASEAN; berperan aktif dalam peacekeeping operation dan pencalonan pada DK PBB 2019-2020; serta menjadi tuan rumah MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turkey dan Australia).

Selain perkembangan dimaksud, Indonesia juga melakukan berbagai upaya peningkatan SDM dan bermanfaat bagi peningkatan U2U partnership di antaranya melalui pemberian beasiswa seperti LPDP di mana Rice University masuk dalam daftar afiliasi LPDP. Disampaikan juga tawaran beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dan Darmasiswa kepada siswa AS serta harapan agar mahasiswa Rice University dapat berpartisipasi pada Bali Democracy Student Conference. Konjen RI selanjutnya menyarankan agar Rice University juga dapat melakukan pameran beasiswa AS yang diselenggarakan oleh Kedutaan AS di Jakarta setiap tahun untuk meningkatkan jumlah siswa Indonesia menempuh studi di Rice University.

Selain itu, Konjen RI juga menjajaki kesempatan bagi Wamen ESDM RI (Maret 2018) dan Menlu RI (Oktober 2018) untuk dapat memberikan lecture di Rice University. Menanggapi hal tersebut, Presiden Rice University menyambut baik dan merekomendasikan lembaga think-tank Baker Institute dan Boniuk Institute for Study and Advancement of Religious Tolerance sebagai sarana public lecture setingkat Menteri. Sebagai informasi, KJRI Houston telah menjajaki Rice Cinema untuk pemutaran film "Kartini" oleh Sutradara Hanung Bramantyo pada tanggal 21 April 2018.

Saat ini terdapat seorang Indonesia sebagai research scientist merangkap Manager of Optical Microscopy Facility pada lembaga BioScience Research Collaborative (BRC) yaitu Prof. Dr. Alloysius Budi Utama serta 2 siswa Indonesia pada program studi political science dan molecular biology. Beberapa program studi keunggulan Rice antara lain di bidang chemistry, biomedical engineering, political science, dan economy.

Pertemuan berlangsung lancar dan Presiden Rice University menyambut baik kerja sama di masa mendatang. termasuk rencana President Rice University mengunjungi Indonesia. Melalui U2U partnership ini diharapkan dapat meningkatkan people connectivity dan mutual understanding kedua negara serta mendorong siswa AS untuk melakukan kajian atau riset tentang Indonesia.