KJRI Houston dan Yasarini Lanud Husein Sastranegara Gencar Tingkatkan Sister School Bandung - Fort Worth

​Dengan semangat peningkatan kerja sama sister city Bandung-Fort Worth, Delegasi Indonesia telah berpartisipasi pada perayaan kerja sama Sister City Fort Worth dan Bandung pada 22-26 Mei 2018. Delegasi berpartisipasi pada Fort Worth Sister Cities Mayor's International Gala Dinner, kunjungan ke Fort Worth Sister City Office, sekolah  swasta dan negeri di Houston dan Fort Worth, serta sekolah penerbangan Skymates di Fort Worth. Pada kunjungan ini, KJRI juga mengadakan pelatihan Pencak Silat di Houston dan Dallas serta pertemuan dengan masyarakat/diaspora Indonesia di Houston dan Dallas Fort-Worth (DFW). Kunjungan delegasi Indonesia bertujuan untuk mempererat kerjasama Bandung dan Fort Worth.

Pada kunjungan ke Sekolah Penerbangan Skymates di Dallas, Delegasi Indonesia mendapatkan gambaran tentang sistem pendidikan penerbangan di Amerika, mengingat sekolah Angkasa merupakan sekolah dibawah naungan Angkatan Udara Indonesia yang mempunyai universitas Nurtanio dan berkaitan dengan pelatihan penerbangan. Sejauh ini, Skymates telah meluluskan beberapa pilot Indonesia termasuk 1 orang pilot putri, dan saat ini terdapat 5 siswa Indonesia yang masih belajar di sekolah tersebut. 

Pada acara Fort Worth Sister Cities Mayor's International Gala Dinner, Walikota Fort Worth (FW) Ms. Betsy Price menyambut dengan hangat kehadiran delegasi Indonesia. Konjen RI mengundang Mayor Betsy Price untuk mengunjungi Bandung untuk meningkatkan hubungan kedua Kota. Sister City Fort Worth juga merencanakan kunjungan Walikota Fort Worth ke Bandung pada tahun 2019, dengan membawa pengusaha dan siswa sekolah. Konjen RI mengusulkan sebaiknya kunjungan tersebut dapat dilakukan setelah selesai Pemilu serentak di Indonesia.

Delegasi juga mengadakan pertemuan dengan Senior Program Manager Sister City Forth Worth Ms. Beth Weibel. Beth mendorong partisipasi siswa Bandung pada program pertukaran pelajar dari berbagai negara seperti Cina, Jerman, Hungaria, Italia, Indonesia, Jepang, Meksiko, Swaziland, Amerika Serikat.  Program ini merupakan pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh International Leadership Academy (ILA) pada 12-26 Juli 2018. Konjen RI juga menyampaikan tawaran mengenai Beasiswa Budaya Indonesia (BSBI), Beasiswa Darmasiswa Indonesia, dan adanya kesempatan untuk mengikuti Bali Democracy Student Conference (BDSC) di Bali.

Delegasi juga mengunjungi Sekolah World Language Institute di Dallas. Metode pendidikannya sama dengan sekolah negeri lainnya di AS, perbedaannya sekolah ini belajar dengan menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Spanyol karena komunitas warga di wilayah Fort Worth banyak berasal dari Negara Amerika Latin. Seperti sekolah-sekolah lainnya di AS, pembangunan karakter di sekolah menekankan pada Trust dan Respect untuk menciptakan lingkungan bergaul yang baik. Sekolah ini juga direkomendasikan untuk dikerjasamakan sebagai sekolah multicultural. Selain dua bahasa yang digunakan, siswa jika dapat mengambil kelas bahasa lainnya.

SC ini diharapkan selain dapat meningkatkan kerja sama antar pemerintah kota juga dapat meningkatkan people connectivity yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Bandung.

 

sistercity-1.jpg

sistercity-4.png
Konjen RI bersama Walikota Fort Worth, Betsy Price pada Fort Worth Sister Cities Mayor's International Dinner, Fort Worth, 24 Mei 2018
Kunjungan ke AWTY International School dalam rangka penjajakan kerja sama sister school, Houston, 23 Mei 2018
sistercity-2.jpg
sistercity-3.jpg
Konjen RI dan Ketua Umum Yasarini Pusat bersama Beth Weibel, Senior Program 
Kunjungan ke Skymates Flight Academy, sekolah penerbangan di Fort Worth sekaligus bertemu dengan calon pilot Indonesia, Fort Worth, 24 Mei 2018

(Sumber: KJRI Houston)