Peran Ganda Bea Cukai Hong Kong Ciptakan Lingkungan Bisnis yang Menguntungkan

Peran Ganda Bea Cukai Hong Kong Ciptakan Lingkungan Bisnis yang Menguntungkan

​​

Sekretaris Utama Wilayah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR), Matius Cheung Kin-chung, dan Komisaris Bea dan Cukai, Hermes Tang, membuka acara resepsi peringatan Hari Bea Cukai Internasional (ICD), Jumat (26/1). Tahun ini, World Customs Organization (WCO) mencanangkan tema "Security of the Business Environment", dengan slogan "Lingkungan Bisnis yang Aman untuk Pembangunan Ekonomi".

Dalam sambutannya, Cheung mengatakan bahwa lingkungan bisnis yang aman dan kompetitif sangat penting bagi Hong Kong. Diakui juga bahwa Bea Cukai Hong Kong memiliki peran ganda sebagai regulator dan fasilitator, guna menciptakan lingkungan bisnis yang menguntungkan bagi pembangunan ekonomi jangka Panjang.

Cheung menambahkan bahwa Program Authorized Economic Operator  (AEO) Hong Kong dan Trade Single Window adalah langkah teladan untuk meningkatkan keamanan rantai pasokan lintas batas dan fasilitasi pergerakan barang. Dengan perluasan  Skema Single E-lock yang juga mencakup wilayah lintas batas baru untuk kendaraan, daya saing Hong Kong akan diperkuat sejalan dengan adanya hubungan ekonomi dan perdagangan baru di sepanjang koridor Belt and Road

Komisaris Bea dan Cukai Hong Kong, Hermes Tang, menyoroti peran penting yang dijalankan oleh Bea Cukai Hong Kong di abad ke-21 di tengah perubahan dinamika perdagangan internasional. Tang juga menyampaikan berbagai langkah yang telah dilakukan oleh departemennya guna menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi Hong Kong, termasuk menjalankan peran sebagai "promotor" dan "fasilitator" dalam skala penuh, khususnya di bawah pengembangan Kawasan Bayan Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay. Selain itu di bawah inisiatif Belt and Road. Hong Kong Customs akan menambah sekitar 1000 pegawai untuk  memenuhi permintaan layanan bea dan cukai berkualitas.

Resepsi dihadiri oleh sekitar 370 undangan dari berbagai kalangan, yaitu anggota dewan legialatif, pejabat pemerintah Hong Kong, sector swasta, dan perwakilan negara asing termasuk Konjen RI Hong Kong, Tri Tharyat, dan Konsul Keuangan/Bea dan Cukai KJRI.

Acara diisi dengan penyerahkan WCO Certificate of Merit kepada petugas Bea Cukai dan pemangku kepentingan Hong Kong yang terpilih, sebagai pengakuan atas usaha mereka dalam berkontribusi terhadap lingkungan bisnis yang aman untuk pembangunan ekonomi.