PERTEMUAN ICAC HONG KONG DENGAN KPK RI

Pertemuan lembaga pemberantasan korupsi Hong Kong dan Indonesia telah diselenggarakan di Gedung Merah Putih KPK Jakarta pada hari Senin tanggal 25 Februari 2019.

Dalam pertemuan tersebut Delegasi ICAC Hong Kong yang berjumlah 6 orang dipimpin langsung oleh Commissioner Mr. Simon Peh serta didampingi oleh Konsul Kejaksaan KJRI Hong Kong Sri Kuncoro.
Sedangkan dari pihak KPK  hadir Ketua KPK Agus Raharjo beserta beberapa Komisioner yaitu La Ode M. Syarief, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata dengan didampingi oleh para Deputi dan Direktur.

KPK RI dan ICAC Hong Kong pada pokoknya saling menyambut baik pertemuan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kerjasama dalam pemberantasan tindak pidana korupsi yang sudah menjadi kejahatan lintas negara.

KPK RI pada kesempatan tersebut menyampaikan paparan “KPK Experiences: Successes and Challenges in Combating Corruption in Indonesia”.

Sedangkan ICAC Hong Kong menyampaikan presentasi tentang ICAC secara umum dan keberhasilan pemberantasan korupsi dimana ICAC Hong Kong mengimplementasikan 3 strategi dalam pemberantasan korupsi yaitu penegakan hukum, pencegahan, dan pendidikan masyarakat.

Kerjasama antara ICAC Hong Kong dan KPK RI sejauh ini sudah berjalan cukup baik melalui program capacity building dan exchange officer to trained dimana kedua belah pihak sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama tersebut.​​