KJRI Hong Kong Raih Penghargaan Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi

​​​​​​
Berbagai inovasi pelayanan publik dan upaya reformasi birokrasi yang dilakulan oleh KJRI Hong Kong telah membuahkan hasil dengan diraihnya penghargaan Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) tahun 2018.

Penghargaan ini diserahkan dalam acara "Apresiasi dan Penganugerahan Zona integritas menuju WBK dan WBBM" yang diselenggarakan oleh  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) dan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (10/12).

Penghargaan ini didasarkan pada penilaian yang dilakukan oleh Kemen PAN RB selama setahun penuh dalam berbagai kriteria yang meliputi peningkatan kinerja, kualitas pelayanan dan birokrasi yang berintegritas dan bebas korupsi.

Dalam sambutannya Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan selamat dan penghargaan kepada para instansi pemerintah yang telah berupaya dengan sungguh-sungguh untuk membangun Zona Integritas, WBK dan WBBM di lembaganya masing-masing.

Wapres juga mengajak seluruh instansi pemerintah untuk terus meningkatkan kecepatan dan kemudahan  pelayanan kepada mesyarakat. 

"Kualitas pelayanan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pendapatan dan mewujudkan bangsa Indonesia yang makmur dan sejahtera," kata Wapres RI.

Bagi Konjen RI Hong Kong Tri Tharyat, penghargaan ini menjadi suatu torehan sejarah di KJRI Hong Kong dan melengkapi berbagai pengakuan yang diberikan kepada KJRI atas berbagai inovasi dan program perubahan untuk pelayanan publik yang semakin prima.

"Penghargaan ini memacu kami untuk terus meningkatkan inovasi dan kualitas pelayanan publik dan menjaga integritas birokrasi serta memberantas korupsi," kata Konjen RI.

Konjen RI menambahkan, penghargaan ini didapatkan berdasarkan hasil penilaian oleh Kemen PAN RB baik secara administratif maupun survey secara langsung kepada masyarakat pengguna layanan KJRI. 

"Dengan demikian, penilaian itu sangat obyektif dan mencerminkan persepsi masyarakat bahwa KJRI Hong Kong memiliki integritas tinggi, bebas korupsi dengan kualitas pelayanan yang memuaskan," ujar Konjen RI.

Ke depan, KJRI akan berupaya untuk meningkatkan statusnya dari penghargaan WBK menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), dengan memperkuat berbagai aspek berikut ini.

Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja
Penataan Tatalaksana
Penataan Sistem Manajemen SDM 
Penguatan Akuntabilitas Kinerja 
Pengendalian Gratifikasi
Penerapan Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP)
Pengaduan Masyarakat
Whistle blowing System
Penanganan Benturan Kepentingan
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan


​​