Pengumuman Pelayanan Keimigrasian per 15 Januari 2018

1/8/2018

PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEIMIGRASIAN (SIMKIM) PADA KBRI HELSINKI PER 15 JANUARI 2018

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011, terhitung mulai tanggal 15 Januari 2018, Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Finlandia dan Estonia berkedudukan di Helsinki (KBRI Helsinki) secara resmi akan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) dalam pelayanan pembuatan paspor RI dan visa RI.

SIMKIM adalah sistem yang mengintegrasikan seluruh fungsi keimigrasian, baik di dalam maupun di luar negeri. Sistem ini menggunakan standar ICAO (International Civil Aviation Organization), sehingga pemegang paspor RI yang menggunakan SIMKIM terhindar dari permasalahan pembacaan paspor pada saat memasuki atau keluar dari imigrasi di Indonesia maupun di negara Iain.

Selain itu, teknologi SIMKIM mencegah upaya perdagangan manusia khususnya WNI dari dan ke wilayah Indonesia, karena dengan SIMKIM upaya pemalsuan data paspor maupun paspor ganda dapat terdeteksi dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan input data untuk paspor RI yang menggunakan SIMKIM mengharuskan pengambilan foto dan sidik jari secara langsung.

Dengan berlakunya SIMKIM di KBRI Helsinki, mulai tanggal 15 Januari 2018 WNI di Finlandia dan Estonia yang akan mengajukan pembuatan paspor RI baru WAJIB DATANG LANGSUNG KE KBRI HELSINKI untuk proses pengambilan foto (face recognition), sidik jari (biometrik) dan wawancara.

Pengajuan pembuatan paspor RI baru setelah tanggal 15 Januari 2018 TIDAK DAPAT lagi dilakukan melalui pos. Pengiriman paspor RI yang telah selesai proses pencetakannya masih dapat dilakukan melalui pos dengan melampirkan amplop balasan disertai prangko untuk jenis surat tercatat.

Pelayanan keimigrasian lainnya seperti permohonan visa serta pelayanan kekonsuleran seperti legalisasi dokumen, permohonan surat keterangan dan lainnnya TETAP DAPAT dilakukan melalui pos.

SIMKIM akan diberlakukan per tanggal 15 Januari 2018, oleh karena itu, KBRI Helsinki masih menerima permohonan pembuatan paspor RI melalui layanan kurir/pos paling lambat per cap pos tanggal 12 Januari 2018.

Mengingat SIMKIM akan mengintegrasikan data dari Perwakilan RI dengan Pusat, maka untuk menghindari permasalahan administrasi kependudukan, penulisan nama pada paspor RI akan disesuaikan dengan nama dalam Akte Kelahiran atau surat keputusan pengadilan tentang perubahan nama pemilik paspor.

Paspor RI yang diterbitkan menggunakan SIMKIM dengan data biometrik TIDAK SAMA dengan paspor elektronik (e-paspor) yang dilengkapi dengan teknologi chip.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2016 layanan paspor RI dan visa RI yang menggunakan teknologi SIMKIM dikenakan tambahan biaya jasa teknologi SIMKIM. Pada KBRI Helsinki, besaran biaya SIMKIM tersebut dikonversi menjadi EUR 5 (lima Euro) dan akan dicatat sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Dengan penerapan SIMKIM, maka tarif pembuatan visa dan paspor di KBRI Helsinki per 15 Januari 2018 adalah sebagai berikut:

1. Single Entry Visa : EUR 55 (50+5)

2. Multiple Entry Visa : EUR 115 (110+5)

3. Limited Stay Visa

a. with maximum stay of 6 months : EUR 60 (55+5)

b. with maximum stay of 1 year : EUR 110 (105+5)

c. with maximum stay of 2 years : EUR 185 (180+5)

4. Paspor RI 24 hal: EUR 15 (10+5)

5. Paspor RI 48 hal: EUR 30 (25+5)

Pertanyaan dan permohonan informasi lebih lanjut dapat disampaikan melalui:

e-mail              : staf_kons@indonesian-embassy.fi

telepon            : +358 9 4770370