Wanita Asal Sulawesi Utara Memenangkan Penghargaan Karyawan Terbaik Finlandia

Perusahaan penerbit Majalah AROMI, majalah paling terkemuka Finlandia bagi pengusaha industri HoReCa (Hotel, Restoran, Café) pada 31 Januari 2019 di Gedung Finlandia Hall, Finlandia, telah menyelenggarakan acara Gala Dinner tahunan (The Pro Gala), dalam rangka memberikan penganugerahan 15 kategori Penghargaan/Awards untuk tahun 2019 kepada sejumlah individu yang dinilai memiliki keahlian/kepakaran terbaik di bidang Hotel, Restoran dan Café.

Sebanyak 15 kategori Penghargaan/Awards diperebutkan oleh 3000 (tiga ribu) orang yang umumnya berwarganegaraan Finlandia. Meskipun demikian, Ibu Rose Alibasya Jokela, seorang wanita WNI yang telah berdomisili di Kota Oulu – Finlandia selama 17 (tujuh belas) tahun terakhir berhasil masuk sebagai salah satu finalis.

Ibu Rose yang berasal dari Sulawesi Utara, Indonesia, bekerja di bawah jaringan perusahaan SODEXO, yaitu industri jasa catering yang melayani restoran dan cafe di seluruh Finlandia. Partisipasi Ibu Rose sebagai finalis Penghargaan/Awards tersebut merupakan pengusulan dari managemen SODEXO, perusahaan tempatnya bekerja.

Sebanyak 15 kategori Penghargaan/Awards yang diperebutkan dalam kompetisi tersebut, antara lain pelayanan pelanggan restoran (restaurant customer service) terbaik Finlandia, karyawan/pelayan kafe terbaik Finlandia, karyawan dapur profesional terbaik Finlandia, juru masak dapur profesional terbaik Finlandia, kepala dapur profesional terbaik Finlandia, dan juru masak restoran terbaik Finlandia, serta pengusaha (kuliner/catering/sekolah masak) terbaik Finlandia

Siapa sangka, Ibu Rose Alibasya Jokela berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori karyawan dapur profesional terbaik Finlandia Tahun 2019. Selain penghargaan untuk karyawan dapur peofesional terbaik, Ibu Rose Alibasya Jokela juga telah berhasil mendapatkan Penghargaan Pers Finlandia (Lehdistön palkinto).

Prestasi Ibu Rose sebagai diaspora Indonesia di Finlandia tidak berhenti sampai disitu, Ibu Rose Alibasya Jokela juga telah memperkenalkan masakan Sambal Goreng Gorontalo kepada publik Finlandia melalui produk sambal kemasan yang oleh manajemen perusahaan SODEXO telah diajukan hak paten di bawah nama ROSEN CHILI. Sambal Goreng Gorontalo – ROSEN CHILI dipasarkan dengan harga jual 3 – 4 euro per paket 100 gram.

Ibu Rose Alibasya Jokela merupakan wanita Indonesia pertama di Finlandia yang berhasil mencapai penghargaan tertinggi sebagai pekerja profesional pada sektor industri makanan Finlandia dan merupakan salah satu contoh pembinaan potensi diaspora Indonesia yang dilakukan oleh Perwakilan RI melalui berbagai kebijakan dan strategi pemberdayaan diaspora sesuai dengan sasaran strategis Pemerintah RI.