Indonesian Snack and Culture Day Sebagai Rangkaian Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, pada tanggal 19 Agustus 2018, KBRI Helsinki bekerja sama dengan salah satu restoran Indonesia di Finlandia, Bali Bagus Helsinki, kembali mengadakan kegiatan ”Indonesian Snack and Culture Day”. Acara ini merupakan kali kedua diselenggarakan oleh KBRI Helsinki bekerja sama dengan restoran Bali Bagus Helsinki setelah sebelumnya dilaksanakan pada 19-20 Juni 2018 lalu.

Dalam sambutannya, Ibu Yayuk Indren, selaku pemilik restoran Bali Bagus Helsinki, menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan oleh Duta Besar RI dan KBRI Helsinki sehingga kegiatan tersebut dapat terselenggara. Mayoritas pengunjung restoran mayoritas merupakan warga negara setempat dan berasal dari berbagai kalangan. Mereka menyatakan sangat menyukai berbagai penganan ringan yang disajikan, terutama dikarenakan semua penganan ringan tersebut merupakan makanan vegetarian.

KBRI Helsinki menggandeng Sdri. Ni Putu Diah Astriningsih, penari profesional dari Bali, Indonesia dan Sdri. Laura Bolqiah yang merupakan WN Finlandia, untuk menampilkan kesenian tradisional Indonesia khususnya Bali, melalui pertunjukan Tari Trunajaya dan Tari Manuk Rawa. Selain kedua tarian tersebut, KBRI Helsinki juga menampilkan Tari Tor Tor dari Sumatera Utara. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan presentasi oleh Sdri. Yunita Firmaningsih (PPI Finlandia) mengenai snack Indonesia yang disuguhkan dan mengenai pembuatan batik.

Penampilan kesenian tradisional Indonesia mendapatkan sambutan yang meriah dari para pengunjung, terutama penampilan Tari Manuk Rawa oleh Sdri. Ni Putu Diah Astriningsih dan Sdri. Laura Bolqiah. Para pengunjung sangat terpukau dikarenakan banyak yang belum pernah melihat WN Finlandia menampilkan tarian tradisional Indonesia. Sdri. Laura Bolqiah merupakan WN Finlandia yang memiliki passion yang tinggi terhadap budaya Indonesia dan menguasai berbagai tarian tradisional Indonesia.