Perayaan Bersama Hari Raya Natal 2018 di KBRI Helsinki

​Pada Sabtu 8 Desember 2018, Masyarakat Kristen Oikumene Indonesia-Finlandia ry (Makro-IF ry) didukung KBRI Helsinki mengadakan acara Perayaan Bersama Hari Raya Natal 2018, bertempat di Gedung KBRI Helsinki, Finlandia. Perayaan Natal 2018 mengambil tema ”Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (Bdk. 1 korintus 1:30a).

Acara Kebaktian Natal 2018 diawali dengan doa pembuka dan lagu-lagu pujian yang dipersembahkan oleh para anggota Makro-IF ry. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat Alkitab, penyalaan lilin jemaat, pembacaan firman Tuhan dan doa syafaat, lalu ditutup dengan pemberkatan oleh pastor dan nyanyian pujian.

Pada sesi Perayaan Natal, acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia Perayaan Natal 2018, Sdr. Otto Sihombing dan sambutan dari Duta Besar RI Ibu Wiwiek Setyawati Firman. Dalam sambutannya, Duta Besar RI menyampaikan bahwa tema Natal 2018 "Yesus Hikmat Bagi Kita" berarti bahwa kita diajak untuk menyadari panggilan sebagai pribadi berkhidmat yang dipilih untuk melayani, bukan untuk dilayani. Natal juga harus digunakan untuk melakukan renungan dan refleksi diri.

Acara dilanjutkan dengan penyalaan lilin sebagai simbol kerukunan berbagai agama dari masyarakat Indonesia di Finlandia dan Estonia. Lilin simbol kerukunan dinyalakan oleh Duta Besar RI, Pastor Jonathan Lemmeti (mewakili agama Kristen), Sdr. Mustafa Kamal (mewakili agama Islam), Sdr. Wayan Sutisna (mewakili agama Hindu), Sdri. Pamela Koistinen (selaku Ketua Makro - IF), dan Sdr. Otto Sihombing (selaku Ketua Perayaan Natal 2018). Pada kesempatan tersebut, Makro-IF juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Duta Besar RI sebagai bentuk apresiasi atas dukungan Duta Besar RI dan KBRI Helsinki kepada Makro-IF dalam berbagai kesempatan.

Acara juga diisi berbagai hiburan dan pertunjukan yang dipersembahkan oleh anak-anak, para anggota Makro-IF dan juga masyarakat Indonesia yang ada di Finlandia dan Estonia. Perayaan Bersama Natal 2018 diakhiri dengan ramah tamah sambil menikmati berbagai hidangan khas Indonesia.