Pertemuan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-enam RI-Estonia, Upaya Penguatan Kerja Sama di Segala Bidang antara Kedua Negara

Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-enam RI-Estonia telah terselenggara di Tallinn pada 31 Agustus 2018. Delri dipimpin oleh Dirjen Amerop, Muhammad Anshor dan didampingi oleh Dubes RI Helsinki, Direktur Eropa II dan staf beserta wakil dari KBRI Helsinki. Delegasi Estonia dipimpin Dirjen Politik, Mr. Lembit Uibo yang didampingi beberapa pejabat Kemlu Estonia.
FKB membahas evaluasi dan identifikasi cara-cara penguatan kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, serta penguatan kerja sama bilateral di lingkup regional dan internasional.

 
Ketua Delegasi Estonia menyambut baik kedatangan Delegasi RI di Estonia dan percaya bahwa FKB yang diselenggarakan akan meningkatkan kerja sama antara kedua negara.

 
Dirjen Politik Estonia menyatakan bahwa hubungan persahabatan kedua negara berjalan dengan sangat baik berkat komunikasi efektif antara kedua pihak dan juga dikarenakan peran aktif Dubes RI Helsinki yang sangat aktif.

 
Kedua pihak sepakat untuk mendorong kerja sama saling dukung pada pencalonan di organisasi internasional, mendorong peningkatan kerja sama perdagangan, mendorong finalisasi Persetujuan Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas serta menjajagi kembali kemungkinan negosiasi Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda (P3B). Dalam pertemuan tersebut kedua pihak juga sepakat memperbarui Memorandum of Understanding Forum Konsultasi Bilateral antar Kementerian Luar Negeri kedua negara yang telah berakhir september 2017.

 
Sebagai komitmen untuk meningkatkan People to People Contact, Pemerintah Indonesia telah memberikan kebijakan bebas visa kunjungan singkat bagi WN Estonia untuk mengunjungi Indonesia semenjak akhir tahun 2015. Dalam hal ini, disampaikan permohonan Indonesia agar Estonia dapat memberikan kebijakan serupa, karena akan berkontribusi pada peningkatan kontak antar masyarakat sebagai fondasi hubungan baik kedua negara. Dalam pertemuan tersebut, Dirjen Amerop juga meminta pemerintah Estonia memberikan kemudahan visa schengen bagi wisatawan dan pengusaha Indonesia yang ingin berkunjung ke Estonia.

 
Kedua belah pihak sepakat bahwa FKB merupakan mekanisme reguler yang sangat penting untuk melakukan konsolidasi berbagai isu bilateral dan multilateral antara kedua negara dan perlu terus dilanjutkan.

 
Seusai FKB, Delegasi RI dan KBRI Helsinki menyelenggarakan kegiatan pertemuan informal dengan pengusaha Estonia yang dikoordinasikan oleh pihak Konsul Kehormatan RI Mr, Heldur Alesse dengan menghadirkan beberapa wakil perusahaan asal Estonia yaitu Positium yang bergerak dalam bidang teknologi informasi penggunaan Mobile Positioning Data, Organic Estonia serta MTU Eesti Elektronikanikaromu yang bergerak dalam bidang waste management serta Ketua Asosiasi Pariwisata Estonia, Merike Halik.  Pertemuan informal dengan pengusaha Estonia ditujukan untuk mengetahui peluang dan potensi kerjasama Business to Business  antara Indonesia dan Estonia terutama untuk sektor Informasi Teknologi, sektor pariwisata dan juga produk kopi specialty Indonesia.  Dalam pertemuan tersebut disampaikan juga undangan kepada para pengusaha untuk hadir dalam Trade Expo Indonesia 2018 dan juga dalam World Conference on Creative Economy 2018 di Bali, Indonesia.

 
Estonia adalah negara yang memiliki kemampuan dan kompetensi tinggi dalam bidang Informasi dan Teknologi, baik yang dikelola oleh start-up swasta antara lain Skype maupun yang dikelola oleh Pemerintah melalui e-showroom Estonia dimana lebih dari 95% transaksi keuangan di Estonia telah dilakukan secara digital dan online. Pembayaran pajak hingga pemilihan umum juga telah memanfaatkan teknologi digital. Kedepannya, diharapkan Indonesia mampu memanfaatkan kemajuan IT dan cyber teknologi Estonia untuk kemajuan Indonesia.