Zimbabwe Beli Kabel dari Indonesia 2 Juta USD

Salah satu hasil konkrit dari kegiatan Trade Expo Indonesia di Serpong adalah ditandatanganinya Perjanjian Pembelian Kabel Tegangan Tinggi oleh Zonnal Construction and Civil Engineering Ltd. (Zimbabwe) kepada PT. Voksel Electric Tbk. Pada tanggal 26 Oktober 2018. Nilai transaksi yang disepakati sebesar 2 Juta USD yang rencananya akan dipenuhi selama kurun waktu 2 tahun sejak ditandatanganinya Perjanjian. Upacara penandatanganan dokumen kesepakatan turut disaksikan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor, Kementerian Perdagangan serta perwakilan dari Kementerian Luar Negeri dan Kamar Dagang Indonesia.

Zimbabwe dibawah Pemerintahan Presiden Emmerson D. Mnangagwa tengah gencar mempromosikan pembangunan infrastruktur, salah satunya jaringan listrik bagi pemenuhan kebutuhan penduduk Zimbabwe. Semangat tersebut selaras dengan instruksi Presiden Jokowi yang menjadikan negara-negara Afrika sebagai prioritas diplomasi untuk penetrasi dagang dan investasi ke non-tradisional market.

Sebelumnya, pada tanggal 25 Oktober 2018 juga dilaksanakan pertemuan dengan PT. Wika Tbk. membahas potensi kerja sama pembangunan infrastruktur publik dengan memanfaatkan fasilitas pendanaan dari Exim Bank Indonesia. Guna menjembatani situasi Zimbabwe yang tengah mengalami defisit devisa, rencananya akan diterapkan mekanisme imbal-dagang untuk pencicilan dana pinjaman oleh Zimbabwe. Diharapkan dalam waktu dekat akan tercapai kesepakatan antara Indonesia dan Zimbabwe.