Presiden Asosiasi Sepak bola Zambia Jajaki Pertandingan Persahabatan dan Pembelian Bola Sepak

Semangat penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia menggema sampai Afrika. Duta Besar RI berkedudukan di Harare, Stephanus Yuwono, pada tanggal 1 September 2018 melaksanakan working lunch dengan Presiden Asosiasi Sepak Bola Zambia, Andrew N. Kamanga di Lusaka, Zambia. Kepada Duta Besar Stephanus, Andrew mengapresiasi penyelenggaraan Asian Games di Indonesia yang berjalan dengan penuh kemeriahan. Andrew mengutarakan keinginannya untuk dapat bertemu dengan Ketua PSSI guna membahas kemungkinan pertandingan persahabatan antara tim U-23 Zambia melawan tim U-23 Indonesia.


Lebih lanjut, delegasi Asosiasi Sepak Bola Zambia juga berencana untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia yang akan dilaksanakan tanggal 24-28 Oktober 2018 di Banten. Delegasi tersebut tertarik untuk menjajaki kerja sama dengan perusahaan yang memproduksi bola sepak dan peralatan pendukung lainnya seperti baju latihan serta sepatu. Untuk kesepakatan awal, Andrew mengindikasikan pembelian 10.000 unit bola.


Duta Besar Stephanus menegaskan bahwa pihaknya akan memfasilitasi Delegasi Asosiasi Sepak Bola Zambia pada Trade Expo Indonesia mendatang. KBRI Harare berkomitmen untuk mengawal tindak lanjut dari potensi kerja sama yang ada antar kedua negara. Afrika menjadi prioritas bagi penetrasi produk-produk Indonesia. Saat ini Indonesia mengalami defisit perdagangan dengan Zambia yang pada tahun 2017 senilai 5.3 Juta USD.