Penganugerahan Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Ibu Megawati Soekarnoputri dari Fujian Normal University

Ibu Megawati Soekarnoputri menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa di bidang Diplomasi Ekonomi, dari Fujian Normal University (FNU). Upacara penyerahan gelar kehormatan tersebut dilaksanakan pada 5 November 2018 di Fuzhou. 
 
Gelar kehormatan diberikan atas kontribusi beliau mempererat hubungan persahabatan Indonesia-Tiongkok. Beliau juga tercatat sebagai presiden wanita pertama di Indonesia dan negarawan terkemuka.
 
Fujian juga memiliki ikatan emosional dengan Ibu Megawati Soekarnoputri. Saat kunjungan beliau tahun 2002, diterima langsung oleh Xi Jinping, Presiden Tiongkok yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Fujian. Pada kunjungan tersebut diresmikan pula kerja sama sister province Fujian dan Jawa Tengah, yang semakin mengukuhkan kedekatan hubungan Provinsi Fujian dan Indonesia.
 
Ibu Megawati Soekarnoputri dan delegasi juga melakukan pertemuan dengan Secretary of the CPC Fujian Provincial Committee, Mr. Yu Weiguo, dan Secretary of the CPC Fuzhou Municipal Committee, Mr. Wang Ning. Pertemuan dengan pihak-pihak terkait berlangsung hangat dan bersahabat.​