KJRI Frankfurt Adakan Warung Konsuler di München

KJRI Frankfurt sangat mengapresiasi antusiasme, kehadiran dan partisipasi masyarakat Indonesia pada kegiatan Warung Konsuler yang diselenggarakan di kota München, Sabtu 20 Oktober 2018 lalu. München merupakan salah satu kota besar di negara bagian Bayern, yang menjadi salah satu kantong masyarakat Indonesia di Jerman. Terpantau jumlah WNI di negara bagian Bayern 2630 orang, dari total WNI di wilayah KJRI Frankfurt sebesar 12.140 orang.

Warung Konsuler di München dihadiri lebih dari 200 WNI dan WNA. Kegiatan Warung Konsuler telah memberikan berbagai pelayanan, seperti lapor diri, amandemen data paspor, surat keterangan, surat kuasa, serta konsultasi secara langsung.

Masyarakat yang hadir memberikan apresiasi penuh terhadap langkah KJRI Frankfurt yang turun langsung dan proaktif menjemput bola memberikan layanan kekonsuleran, sebagai wujud kehadiran negara secara dekat di tengah masyarakat.

Melalui sosialisasi dan dialog interaktif tentang fungsi konsuler, isu-isu perlindungan WNI dan keimigrasian, telah disampaikan informasi mengenai peraturan dan kebijakan terbaru tentang penerapan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) dalam pembuatan paspor baru bagi WNI di luar negeri. Dengan penerapan SIMKIM ini, WNI yang akan mengurus paspor baru diharapkan datang ke KJRI Frankfurt untuk menyerahkan berkas persyaratan, serta melakukan perekaman foto wajah dan sidik jari secara biometrik.

Dipahami sepenuhnya adanya kekurangnyamanan bagi WNI yang bermukim jauh dari lokasi KJRI Frankfurt. Menyikapi hal ini, KJRI Frankfurt berupaya secara maksimal untuk segera dapat memberikan layanan pembuatan paspor baru sesuai prosedur SIMKIM di kantong-kantong masyarakat Indonesia.

KJRI Frankfurt menyampaikan apresiasi atas kerjasama seluruh masyarakat, termasuk Pengajian Masyarakat Muslim München, sehingga Warung Konsuler berlangsung hangat, intensif, padat dan lancar. KJRI Frankfurt berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan layanan bagi masyarakat Indonesia.