Visa Tinggal Terbatas


​​​​​Visa jenis ini diberikan kepada warga negara asing yang hendak tinggal di Indonesia untuk waktu paling lama dua tahun dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Bekerja sebagai tenaga ahli;
  2. Melakukan tugas sebagai rohaniawan;
  3. Mengikuti pendidik​​​an dan pelatihan;
  4. Mengadakan penelitian ilmiah;
  5. Menggabungkan diri dengan suami atau istri pemegang Izin Tinggal terbatas;
  6. Menggabungkan diri dengan ayah dan/atau ibu bagi anak berkewarganegaraan asing yang mempunyai hubungan hukum kekeluargaan dengan ayah dan/atau ibu warga negara Indonesia;
  7. Menggabungkan diri dengan ayah dan/atau ibu pemegang Izin Tinggal terbatas atau Izin Tinggal Tetap bagi anak yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun dan belum kawin;
  8. Orang Asing eks warga negara Indonesia; dan
  9. Wisatawan lanjut usia mancanegara.
  10. Orang Asing dalam rangka penanaman modal;


Prosedur Permohonan Visa

  1. Untuk mendapatkan visa jenis ini, pendaftar visa harus mendapatkan otorisasi khusus dari Direktorat Jenderal Imigrasi di Jakarta. Pengurusan otorisasi tersebut dilakukan oleh sponsor dari pendaftar. Sponsor dapat berupa perorangan, perusahaan atau organisasi yang berbasis di Indonesia.
  2. Setelah otorisasi diterbitkan, Direktorat Jenderal Imigrasi akan mengirimkan teleks kepada KBRI di Doha guna proses lebih lanjut.
  3. Untuk informasi lebih lengkap terkait prosedur penerbitan otorisasi tersebut, pendaftar melalui sponsornya dapat menghubungi Direktorat Jenderal Imigrasi di Jakarta atau merujuk pada situs resmi www.imigrasi.go.id.
  4. Untuk mendapatkan visa, pendaftar harus menyampaikan permohonan visa ke KBRI di Doha dengan melampirkan salinan teleks otorisasi visa dari Direktorat Jenderal Imigrasi.
  5. Untuk informasi persyaratan dokumen yang diperlukan, dapat dilihat di bagian bawah laman ini.
  6. Biaya visa tergantung pada tipe visa dan durasi masa izin tinggal yang diberikan.
  7. Mohon dijadikan perhatian bahwa KBRI di Doha berhak untuk menolak permohonan visa dan membatalkan otorisasi penerbitan visa dari Direktorat Jenderal Imigrasi jika dirasa terdapat informasi yang kurang akurat terkait permohonan visa yang disampaikan oleh pendaftar.


Persyaratan:

  1. Mengisi formulir aplikasi visa (formulir dapat diunduh di sini​)
  2. Paspor asli berlaku minimal 6 bulan pada saat kedatangan di Indonesia
  3. Bagi selain warga negara Qatar, harap melampirkan salinan kartu izin tinggal yang masih berlaku
  4. Satu pas foto berwarna
  5. Salinan tiket pulang pergi maupun rencana perjalanan ke Indonesia
  6. Bukti pembayaran (untuk info tentang tarif bisa dilihat di sini​)
  7. Salinan teleks otorisasi visa dari Direktoral Jenderal Imigrasi


Cara Penyerahan Permohonan


Pemohon dapat menyerahkan berkas permohonan legalisasi langsung di Loket Konsuler KBRI Doha. Jam buka Loket Konsuler yakni Minggu-Kamis, pukul 08.30-11.30 (kecuali pada saat hari libur resmi KBRI Doha, lihat daftar hari libur di sini).



Pembayaran


Seluruh pembayaran dapat dilakukan melalui kartu debit (tidak menerima pembayaran melalui kartu kredit, cash/tunai, e-Cash QNB). Daftar lengkap biaya layanan kekonsuleran KBRI Doha terhitung mulai tanggal 1 April 2018, lihat di sini.


Untuk pembayaran biaya layanan kekonsuleran melalui deposit bank, mohon agar bukti transfer dapat dilampirkan bersama dokumen permohonan, atau disusulkan melalui alamat e-mail: consular@kbridoha.org


KBRI Doha tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk seluruh pelayanan yang diberikan. Seluruh pembayaran pelayanan penerbitan visa, legalisasi maupun pelayanan kekonsuleran lainnya harus dilakukan melalui kartu debit maupun deposit bank ke rekening resmi KBRI Doha. Jika pembayaran tidak dilakukan melalui kartu debit maupun deposit bank, maka berkas permohonan akan dikembalikan kepada pemohon dan permohonan aplikasi tidak akan diproses.


Catatan: pembayaran yang telah dilakukan ke rekening KBRI Doha tidak dapat dikembalikan (non-refundable) dalam kondisi apapun, termasuk kelebihan pembayaran. Mohon pastikan pemohon akan melanjutkan permohonan layanan kekonsuleran, serta mengecek daftar biaya layanan kekonsuleran KBRI Doha sebelum melakukan pembayaran.