Legalisasi

​Jam Buka Layanan Visa, Paspor dan Konsuler

KBRI Doha

Minggu - Kamis, 08.30 - 11.30

Embassy of the Republic of Indonesia

Building No.2, Al Maahed Street, Al Salata

Email: doha.kbri@kemlu.go.id atau admin@kbridoha.org

Phone: +974 44657945, 44664981, 44657436, 44662759

Hotline : +974 33322875

(Catatan: KBRI tutup saat hari libur Indonesia dan Qatar. Klik di sini untuk daftar hari libur)




Legalisasi

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Doha menerima permohonan untuk memberikan legalisasi untuk mengesahkan tanda tangan pejabat yang telah melak​​ukan pengesahan atas sebuah dokumen dan tanda tangan pembuat dokumen yang dilakukan di hadapan pejabat yang berwenang, dan bukan melegalisasi isi dari dokumen tersebut.


Pemberian legalisasi oleh KBRI Doha hanya diberikan pada dokumen, baik asli maupun salinan (copy), yang telah dilegalisasi oleh:

    • Otoritas Indonesia (Direktorat Konsuler Kementerian Luar Negeri RI), atau

    • Otoritas Qatar (Consular Department Ministry for Foreign Affairs State of Qatar)



Persyaratan:


  1. Dokumen asli atau salinan (copy) yang telah dilegalisasi oleh salah satu otoritas tersebut di atas.

  2. Melampirkan salinan (copy) dari dokumen yang akan dilegalisasi oleh KBRI Doha,

  3. Membayar biaya legalisasi:

    • Legalisasi Dokumen atau Salinan Dokumen yang diterbitkan atau telah dilegalisasi oleh Instansi Pemerintah Indonesia: Tanpa biaya (Gratis)

    • Pengesahan TandaTangan / Legalisasi Dokumen atau Salinan Dokumen yang Diterbitkan Negara Asing (Dokumen Bisnis): Qr. 455

    • Pengesahan TandaTangan / Legalisasi Dokumen atau Salinan Dokumen yang Diterbitkan Negara Asing (Dokumen Non-Bisnis): Qr. 91

  1. Daftar lengkap biaya legalisasi dan biaya kekonsuleran lain, lihat di sini.



Waktu Pemrosesan Legalisasi


KBRI Doha akan memproses berkas permohonan legalisasi setelah menerima seluruh kelengkapan dokumen yang disyaratkan di atas pada hari yang sama kecuali ada hal-hal lain yang tidak dapat dilakukan pada hari yang sama. Berkas permohonan yang sudah jadi dan dimohon untuk diambil selambat-lambatnya keesokan harinya.



Cara Penyerahan Berkas Permohonan


Pemohon dapat menyerahkan berkas permohonan legalisasi langsung di Loket Konsuler KBRI Doha. Jam buka Loket Konsuler yakni Minggu-Kamis, pukul 08.30-11.30 (kecuali pada saat hari libur resmi KBRI Doha, lihat daftar hari libur di sini).



Pembayaran


Seluruh pembayaran dapat dilakukan melalui kartu debit (tidak menerima pembayaran melalui kartu kredit, cash/tunai, e-cash QNB). Daftar lengkap biaya layanan kekonsuleran KBRI Doha terhitung mulai tanggal 1 April 2018, lihat di sini.


Untuk pembayaran biaya layanan kekonsuleran melalui deposit bank, mohon agar bukti transfer dapat dilampirkan bersama dokumen permohonan, atau disusulkan melalui alamat e-mail: consular@kbridoha.org


KBRI Doha tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk seluruh pelayanan yang diberikan. Seluruh pembayaran pelayanan penerbitan visa, legalisasi maupun pelayanan kekonsuleran lainnya harus dilakukan melalui kartu debit maupun deposit bank ke rekening resmi KBRI Doha. Jika pembayaran tidak dilakukan melalui kartu debit maupun deposit bank, maka berkas permohonan akan dikembalikan kepada pemohon dan permohonan aplikasi tidak akan diproses.


Catatan: pembayaran yang telah dilakukan ke rekening KBRI Doha tidak dapat dikembalikan (non-refundable) dalam kondisi apapun, termasuk kelebihan pembayaran. Mohon pastikan pemohon akan melanjutkan permohonan layanan kekonsuleran, serta mengecek daftar biaya layanan kekonsuleran KBRI Doha sebelum melakukan pembayaran.