Wartawan Timor-Leste Kunjungi Kota Surabaya dalam Familiarization Trip KBRI Dili

PRESS RELEASE

Wartawan Timor-Leste Kunjungi Kota Surabaya dalam Familiarization Trip KBRI Dili

 

Dalam rangka mempromosikan destinasi wisata, potensi ekonomi, pendidikan, dan pelayanan publik yang ada di Indonesia kepada masyarakat internasional secara umum, dan kepada masyarakat di Timor-Leste secara khusus, KBRI Dili telah menyelenggarakan kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) tahun 2018 di Kota Surabaya pada tanggal 27 November – 1 Desember 2018. Familiarization Trip tahun 2018 tersebut mengikutsertakan dua wartawan media massa dari Timor-Leste, yaitu Harian Timor Post, Mario da Costa, dan Jornal Diario Nacional, Carmelita Isaac.

Kota Surabaya dipilih sebagai tujuan Famtrip 2018 mengingat secara khusus Kota Surabaya memiliki peran penting bagi pembangunan dan masyarakat Timor-Leste. Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur menawarkan berbagai pilihan sekolah lanjutan yang diminati oleh pelajar Timor-Leste, wisata belanja, wisata kuliner, pelayanan kesehatan tingkat internasional, dan potensi lainnya. Selain itu, atas kepemimpinan Walikota Surabaya dan seluruh perangkatnya, Kota Surabaya memiliki reputasi dan prestasi yang patut dibanggakan dan perlu terus digaungkan di tataran internasional.

Bertemu dengan Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya, disampaikan bahwa Kota Surabaya tidak terlahir cantik sehingga harus bekerja keras untuk membangun infrastruktur dan sumber daya manusia yang mendukung. Berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah, antara lain cara mengurangi kemacetan, membangun trotoar dan taman kota dengan fasilitas bebas jaringan internet, membangun kota besar dengan budaya masyarakat yang ramah. Selain itu, Pemerintah Kota Surabaya telah membuat mall pelayanan publik atau one-stop service sehingga masyarakat dapat mengurus ijin usaha, berbagai dokumen kependudukan, pelayanan kepolisian, dan dokumen imigrasi di satu tempat. Disampaikan pula bahwa prioritas pembangunan di Kota Surabaya yang utama adalah pembangunan Sumber Daya Manusia, yang salah satunya adalah memfasilitasi pengembangan wirausaha muda melalui co-working space untuk start-up mengingat jaman teknologi saat ini telah mengubah transaksi perdagangan konvensional menjadi digital.

“Perubahan yang terjadi di dunia internasional harus dirangkul dan diikuti, sehingga masyarakat tidak ketinggalan dan dapat turut serta menikmati hasilnya," ungkap Yanuar Herawan, Kepala Sub Bagian Layanan Informasi.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Famtrip KBRI Dili telah mengunjungi obyek wisata Jatim Park 2 dan Museum Angkut di Kota Batu, One-stop Service Pemerintah Kota Surabaya, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Satya Widya, Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Yayasan RSUD dr. Soetomo, Politeknik Pelayaran Surabaya, RSUD dr. Soetomo, Rumah Sakit Siloam Surabaya, Kantor Redaksi Jawa Pos, dan Kantor Redaksi Tabloid Nyata. (KBRI Dili)