Sosialisasi Terpadu Imigrasi dan Konsuler, Distrik Liquica

Sosialisasi Terpadu Imigrasi dan Konsuler, Distrik Liquica

Liquica 24 November 2018, KBRI Dili  dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi pokok KBRI Dili, d.h.i Perlindungan WNI/BHI di wilayah akreditasi, telah dilaksanakan sosialisasi terpadu Imigrasi dan Konsuler.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Dubes RI Dili, Sahat Sitorus, yang dalam kesempatan ini menyampaikan pentingnya WNI untuk menaati hukum dan regulasi negara setempat d.h.i memilki dokumen resmi - Paspor RI dan ijin tinggal/visa kerja resmi di Timor-Leste.

Selanjutnya KBRI Dili menyampaikan layanan publik di bidang imigrasi, serta upaya kedepan untuk mendata WNI baik berdokumen maupun tidak berdokumen (undocumented).  Di bidang konsuler KBRI Dili memberikan layanan seperti: Lapor Diri, Legalisasi, Penerbitan Ragam Surat Keterangan (Lahir, Nikah, Kematian, Keterangan Domisili), SKMK, serta SKCK. Disampaikan juga kemungkinan kedepan Pemerintah RI melalui Perwakilan Diplomatik (KBRI) akan membuka layanan publik penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di luar negeri atau pembuatan/perekaman E-KTP, serta affidavit. Disamping itu, terdapat juga layanan Bantuan Hukum Indonesia di luar negeri yaitu konsultasi hukum gratis baik untuk masalah pidana maupun perdata.

 

Sosialisasi juga menyampaikan sepintas tata cara Pemilu termasuk pencoblosan pilihan Pemilu tahun 2019 oleh PPLN Dili.(kons/imi/ns/18)

 

 

--o00o-