Legalisasi

1.       Legalisasi Dokumen Resmi

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Davao City menerima permohonan untuk memberikan legalisasi untuk mengesahkan tanda tangan pejabat yang telah melak ukan pengesahan atas sebuah dokumen dan tanda tangan pembuat dokumen yang dilakukan di hadapan pejabat yang berwenang dan bukan melegalisasi isi dari dokumen tersebut. 

 

Persyaratan

  1. Dokumen asli yang telah dilegalisasi oleh salah satu instansi berikut:
    • Kantor Kanselerai Pemerintah Filipina;
    • Kamar Dagang dan Industri Filipina;
  2. Melampirkan fotokopi dokumen
  3. Membayar biaya administrasi.

     

2.       Legalisasi Dokumen Terjemahan

Pelayanan legalisasi dokumen terjemahan adalah proses legalisasi dokumen terjemahan (dari SIM, KTP, Akta Kelahiran, Akta Nikah, Ijazah, dan lain-lain) dari dokumen asli yang berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris, serta legalisasi dokumen-dokumen berbahasa Indonesia yang akan digunakan di Indonesia, seperti misalnya Surat Kuasa.

 

Persyaratan

  1. Dokumen asli;
  2. Terjemahan dari dokumen asli;
  3. Untuk legalisasi surat kuasa, harap melengkapi syarat-syarat tambahan sebagai berikut:
    • Surat kuasa harus ditandatangani langsung di depan petugas KJRI;
    • Melampirkan salinan paspor pemohon yang masih berlaku;
    • Menunjukkan kartu izin tinggal (ACR) yang masih berlaku;
    • Pemohon agar mencantumkan nomor paspor dan alamat di Filipina dalam surat kuasa.

Waktu Proses Legalisasi

Setelah seluruh berkas persyaratan dan pembayaran diterima dengan lengkap — baik diserahkan langsung di Loket Konsuler maupun via pos — kami akan memproses permohonan legalisasi Anda pada hari yang sama. Dokumen yang sudah dilegalisasi dan dimohon untuk dikirimkan via pos akan dikirimkan kembali pada hari yang sama atau selambat-lambatnya keesokan harinya.

 

Metode Penyerahan Dokumen

Anda dapat menyerahkan berkas dokumen yang akan dilegalisasi langsung di Loket Konsuler KJRI Davao City. Untuk kenyamanan Anda, mohon perhatikan jam buka Loket Konsuler, yaitu Senin-Jumat, pukul 09.00-12.00. Kecuali bagi legalisasi Surat Kuasa yang harus ditandatangani pemohon langsung di depan petugas Konsuler KJRI Davao City, Anda dapat mengirimkan berkas Anda melalui pos setelah melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan ke alamat sebagai berikut:

 

Consulate General of the Republic of Indonesia

P.O. Box 81038
Ecoland Drive Phase IV, Ecoland Subdivision, Davao City, Philippines 8000

 

Pengiriman Kembali Dokumen melalui Pos

Apabila Anda menghendaki agar dokumen Anda dikirimkan kembali ke alamat Anda melalui pos, mohon agar Anda dapat menyertakan amplop balasan yang telah dibubuhi perangko dan dilengkapi alamat jelas pada saat menyerahkan/ mengirim berkas/ dokumen.