Konjen RI Davao City Promosikan the 2nd IMPE pada Tiga Stasiun Radio Terkemuka di Davao

​​Pada 16, 19, dan 20 November 2018, Konsul Jenderal RI di Davao City, Filipina Berlian Napitupulu mengadakan wawancara dengan tiga stasiun radio terkemuka di Davao City, yaitu Bombo AM, Wild FM, dan Retro FM. Wawancara dimaksudkan untuk mempromosikan the 2nd Indonesia Manufactured Products Expo (IMPE), yang akan diselenggarakan oleh KJRI Davao City pada 23-25 November 2018 di Abreeza Mall, Davao City.


Konjen RI menyampaikan bahwa IMPE yang berlangsung 3 hari tersebut akan menampilkan produk-produk manufaktur Indonesia yang potensial untuk dipasarkan di Filipina. Produk manufaktur dimaksud, antara lain bahan bangunan, kendaraan, suku cadang, peralatan rumah tangga, alat pertanian, produk kesehatan dan kecantikan, batik, dan sejumlah produk manufaktur lainnya. Selama Ekspo juga akan diselenggarakan one-on-one business matching, promosi wisata, penjualan makanan Indonesia. Untuk memeriahkan Ekspo, juga akan diadakan rangkaian pagelaran seni budaya Indonesia, dan permaian, serta kuis-kuis berhadiah. ​

Konjen RI mengajak kalangan bisnis Mindanao untuk mengunjungi Expo serta bertemu langsung dengan pengusaha manufaktur Indonesia untuk menjalin hubungan kerja sama bisnis secara langsung. Konjen RI mengajak para pendengar radio tersebut mengajak keluarga dan teman untuk mengunjungi Ekspo dan menikmati hiburan seni budaya serta menikmati makanan khas Indonesia, seperti Nasi Goreng, Bakso, Mie Goreng, Soto Ayam, Sate Ayam, Dadar Gulung, dan Rempeyek.

Sebelum penyelenggaraan Ekspo, KJRI Davao City juga akan menyelenggarakan one-on-one business meeting di Jade Room, Marco Polo Hotel pada 22 November 2018. Dalam kegiatan tersebut, KJRI Davao City bekerja sama dengan Mindanao Development Authority (MinDA) telah mengundang pengusaha, asosiasi pengusaha, KADIN, serta pejabat Departemen Perdagangan dan Industri setempat. Diharapkan sebelum penyelenggaraan Ekspo, pelaku usaha kedua negara dapat lebih melakukan komunikasi secara intens terkait peluang kerja sama perdagangan dalam kegiatan B-toB matching tersebut.

Konjen RI juga menambahkan bahwa KJRI Davao sejak tahun 2017 sampai November 2018 telah menyelenggarakan dua belas kali pameran dagang dan promosi seni budaya Indonesia di Filipina Selatan, dimana enam di antaranya merupakan solo trade expo yang diselenggarakan secara mandiri oleh KJRI Davao City. Selain itu, KJRI Davao City juga secara aktif menyelenggarakan forum bisnis dan misi dagang di Indonesia maupun Mindanao. Salah satunya adalah misi dagang 25 pengusaha Mindanao ke Jakarta, Tangerang, Surabaya, dan Balikpapan pada 23-28 November 2018.

Lebih lanjut Konjen RI menyampaikan bahwa seluruh kegiatan promosi tersebut merupakan diplomasi KJRI Davao City untuk mendorong kerja sama perdagangan secara langsung yang produktif antar pengusaha kedua negara.

“The 2nd Indonesia Manufactured Products Expo (IMPE) is open to public visitors and free admission, there is everything for everybody, so please bring your family and friends to visit Abreeza Mall on 23 – 25 November 2018", pungkas Konjen Berlian Napitupulu menutup sesi wawancara di radio. (Sumber: KJRI Davao City)