Delegasi Bisnis Mindanao Bukukan Kontrak dalam Trade Expo Indonesia (TEI) dan Misi Dagang ke Beberapa Kota di Indonesia pada 23-27 Oktober 2018

​​​“Sebanyak 25 orang delegasi bisnis Mindanao Filipina Selatan telah mengunjungi Trade Expo Indonesia (TEI) ke-33 tahun 2018 yang diselenggarakan di Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Provinsi Banten pada 24-28 Oktober 2018. Selain menghadiri TEI, delegasi bisnis Mindanao juga melakukan misi bisnis ke Serang, Surabaya dan Balikpapan pada 23-27 Oktober 2018. Kunjungan ini difasilitasi oleh Konsulat Jenderal RI di Davao City Filipina Selatan, yang dipimpin langsung oleh Konsul Jenderal RI Berlian Napitupulu," demikian bunyi Press Release KJRI Davao City.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa delegasi bisnis tersebut terdiri dari seorang CEO dari E&W Group of Companies selaku distributor beberapa produk Indonesia seperti Safe Care, Vernon Tea dan Softgel buah merah. Empat orang pengusaha dari General Santos (150 km selatan Davao City) yaitu: dua orang pemilik dan CEO Dadiangas Glass & Construction Depot Inc dan Home Solutions Depot Plus, yang merupakan distributor bahan bangunan, furniture, peralatan rumah tangga serta seorang General Manager Star Bright Office Depot yang merupakan pemasok kertas, alat-alat perkantoran dan sekolah.  Sebanyak 20 orang Delegasi dari Zamboanga City (680 km barat daya Davao) yang terdiri dari 3 orang pejabat Departemen Perdagangan dan Industri Provinsi dan Kota Zamboanga serta 16 orang pengusaha importir dan distributor produk bahan bangunan, produk kecantikan dan makanan kemasan.

“Ini adalah delegasi bisnis terbesar dari Mindanao yang mengunjungi TEI sejak beberapa tahun terakhir. Mayoritas dari mereka mengunjungi TEI untuk yang pertama kali.  Mereka sangat tertarik dengan berbagai produk bahan bangungan Indonesia terutama semen, keramik, produk metal, dan produk kayu dan produk kertas. Di samping itu, mereka juga tertarik dengan body care, health supplement, ban mobil," demikian tutur Konjen Berlian Napitupulu.  

“Kunjungan bisnis tersebut menghasilkan transaksi awal sebesar USD 504.506 dari 3 (tiga) perusahaan yaitu E&W Group of Companies, Dadiangas Glass & Construction Depot dan Home Solution Depot. Produk yang dibeli/dipesan antara lain  produk body care (perfume dan hair care), health supplement, plywood, steel dan nonferrous metal, kayu timber dan home furniture. Di samping itu, terdapat prospek tindaklanjut kerjasama antara pengusaha Mindanao tersebut dengan beberapa perusahaan Indonesia di bidang bahan bangunan di masa depan," ungkap Konjen Berlian.

Kali ini kami membawa pengusaha Mindanao ke Indonesia dan bulan depan kami akan membawa pengusaha Indonesia ke Mindanao untuk berpartisipasi pada the 2nd Indonesia Manufactured Product Expo yang akan diselenggarakan di Abreeza Mall Davao City pada 23-25 Noember 2018. Ini merupakan bagian dari upaya Diplomasi Ekonomi dari KJRI Davao City untuk menghubungkan pelakuusaha di kedua Negara untuk melakukan kerjasama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan" pungkas Berlian.

Ely Syafitri, fungsi Ekonomi KJRI Davao menambahkan bahwa kunjungan bisnis dari Mindanao tersebut adalah yang keempat kali difasilitasi KJRI Davao, sedangkan Manufacture Expo pada November mendatang adalah pameran dagang tunggal keenam yang diselenggarakan oleh KJRI dalam dua tahun terakhir. Di samping itu, KJRI juga mengadakan melakukan kegiatan promosi produk, budaya dan wisata Indonesia pada berbagai kegiatan pameran yang dislenggarakan oleh berbagai pemerintah kota setempat.

Penyelenggaraan TEI 2018 mendapat apresiasi yang besar dari Delegasi Bisnis Mindanao yang mayoritas baru pertama kali berpartisipasi pada trade expo terbesar di Indonesia ini. Para peserta menyampaikan apresiasi terhadap perkembangan dan kemajuan Indonesia serta terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam memajukan ekonomi dan pembangunan Indonesia.​

“Pembukaannya sangat meriah dan luar biasa sekali sambutan kepada Presiden Indonesia dari pebisnis seluruh dunia. Produk yang ditawarkan pada expo juga banyak, tahun depan kami akan datang lagi ke Trade Expo Indonesia," ujar SatraTimbang, pelaku usaha dari Bans International Zamboanga City.​