Kemeriahan Rangkaian Acara Peringatan HUT RI ke-73 di Darwin

​​​

Selama bulan Juli – Agustus 2018, KRI Darwin telah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73. Pada tahun ini KRI Darwin mengundang partisipasi berbagai kalangan masyarakat Indonesia dan Australia untuk turut serta meramaikan berbagai acara peringatan HUT RI ke-73.  antara lain adalah pelaksanaan Seminar Kebangsaan, Perayaan Hari Anak Nasional dan Perlombaan Tradisional, Pertandingan Olah Raga, Donor Darah, Upacara Peringatan HUT RI dan Resepsi Peringatan HUT RI. 

 

Seminar Kebangsaan

Rangkaian Peringatan HUT RI ke-73 di Darwin dibuka oleh pelaksanaan Seminar Kebangsaan dengan tema “Peningkatan Kerjasama Ekonomi Kemaritiman antara Indonesia-NT dalam Upaya Membangun Kawasan Timur Indonesia, pada 18 Juli 2018. Seminar menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber, yaitu: Bapak Okto Irianto (Asisten Deputi Jasa Kemaritiman, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman); Bapak Zaki Mubarok (PhD Candidate Faculty of Law, University of Wollongong); dan Bapak Musa Maliki (PhD Candidate Faculty of International Relations, Charles Darwin University).

Seminar ini dihadiri oleh sekitar 35 orang peserta yang terdiri dari: para akademisi, Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA), Australia-Indonesia Youth Association (AIYA) NT, dan perwakilan masyarakat Indonesia di Darwin. Salah satu rekomendasi yang diperoleh dari seminar tersebut, adalah: wisata bahari merupakan sektor kerjasama yang sangat potensial untuk dikembangkan antara Indonesia-NT, diantaranya melalui: pengembangan cruise; yachting; dan pembangunan marina.  


Perayaan Hari Anak Nasional dan Pertandingan Tradisional dan Olahraga
Pada 21 Juli 2018, bertempat di Jingili Water Park, telah diadakan pertandingan anak dan pertandingan tradisional dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan HUT RI ke-73. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 250 orang masyarakat dan diaspora Indonesia di NT. Berbagai perlombaan yang dipertandingkan diantaranya adalah lomba makan donat, lomba menyanyi, lomba mewarnai, balap karung, balap kelereng, joget balon, dan tarik tambang. Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama KRI Darwin dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP). Seluruh masyarakat yang hadir berpartisipasi secara aktif dalam setiap perlombaan bahkan banyak masyarakat lokal yang juga turut terlibat dalam memeriahkan kegiatan pertandingan anak dan tradisional ini.


Sementara pada tanggal 29 Juli bertempat di Aula KRI Darwin, telah diadakan berbagai pertandingan, seperti pertandingan tenis meja, karambol, dan gaple yang diikuti oleh sekitar 70 orang peserta. Pada tanggal 11 Agustus 2018 juga telah diadakan pertandingan bowling yang diikuti oleh sekitar 75 peserta. Masyarakat Indonesia di Darwin menyambut meriah pertandingan berbagai pertandingan olahraga yang diselenggarakan, hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah masyarakat yang ikut berpartisipasi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.


Kegiatan Donor Darah
Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, KRI Darwin beserta DWP KRI Darwin mengadakan kegiatan donor darah dengan tujuan untuk memberikan kontribusi kemanusiaan terhadap masyarakat setempat. Terdapat sekitar 25 masyarakat Indonesia yang mendonorkan darahnya alam program Red25 Group atas nama “Indonesian Consulate Darwin" pada periode Juli – Agustus 2018. 

Hingga saat ini “Indonesian Consulate Darwin" telah menyumbangkan 5 plasma darah dan 11 whole blood yang telah didonasikan kepada sekitar 48 orang diseluruh Australia. Pelaksanaan kegiatan ini, selain merupakan perwujudan bantuan dan rasa kemanusiaan, juga diharapkan dapat secara positif membantu memperkuat hubungan antara masyarakat Indonesia dan Australia.


Upacara Peringatan HUT RI ke-73
Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2018 di Konsulat RI Darwin, dengan dihadiri oleh sekitar 200 orang masyarakat Indonesia beserta undangan yang terdiri dari Walikota Darwin, Kon Vatskalis; Walikota Palmerston, Athina Pascoe-Bell; anggota parlemen, Terry Mills; perwakilan pemimpin oposisi, Sharon Mulholland  dan mantan Deputy Chief Minister NT, Peter Styles.


Upacara dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat dan berlangsung secara khidmat. Pengibaran bendera dilakukan oleh para paskibraka yang berupakan pelajar/mahasiswa Indonesia dan diaspora Indonesia. Para peserta upacara juga turut menyanyikan lagu nasional Syukur dan Hari Merdeka dengan luapan rasa haru dan bahagia. Upacara ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari Darwin High School's Band, yang membawakan 2 lagu nasional, Padamu Negeri dan Satu Nusa Satu Bangsa, serta dua komposisi musik dari Mamma Mia (ABBA Classics) pada akhir upacara.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kue HUT RI ke-73 yang dibagikan kepada para sesepuh dan tokoh masyarakat Indonesia di Darwin oleh Konsul RI dan Ibu Mira Soejanatamihardja, yang disambut hangan oleh masyarakat Indonesia yang hadir.    
 

Resepsi Peringatan HUT RI ke-73

Konsulat RI Darwin pada tanggal 21 Agustus 2018 telah menyelenggarakan Resepsi dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-73, bertempat di Wisma Konsul RI Darwin. Resepsi tersebut dihadiri oleh undangan antara lain: (1) Minister for Territory Families Northern Territory (NT), Hon. Dale Wakefiled; (2) Leader of the Opposition Legislative Assembly of the Northern Territory (NT), Hon. Gary Higgins; (3) Director of DFAT NT, Cecilia Brennan; (4) Konsul Jenderal Timor Leste untuk NT, Franciso Ramos; (5) Consular Corps di NT; serta (6) senior officer Australian Defence Force di Darwin. Adapun bertindak selaku Guest of Honour adalah Administrator NT, Her Honour the Honorable Vicky O' Halloran AM.

Pada saat ketibaan di Wisma Konsul RI Darwin, Guest of Honor disambut dengan tarian tor-tor Hata Sopisik yang dibawakan oleh anak-anak dari Badhaya Nusantara asuhan Konsulat RI Darwin. Sebanyak kurang lebih 100 (seratus) tamu undangan yang terdiri dari counterparts Konsulat RI Darwin, Konsul Kehormatan negara-negara sahabat, dan Perwakilan Masyarakat Indonesia turut menghadiri acara resepsi tersebut.

Dalam sambutannya, Konsul RI Darwin juga menggarisbawahi hubungan antara NT dan Indonesia yang tidak hanya sebatas sebagai sahabat namun sebagai keluarga. Hal ini terlihat dari dukungan masyarakat NT dalam bentuk donasi uang maupun barang bagi korban gempa bumi yang baru-baru ini terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Konsul RI mengharapkan agar hubungan baik ini dapat terpelihara dan peluang-peluang yang terbuka luas dapat lebih ditingkatkan.   

Administrator NT, Her Honour the Honorable Vicky O' Halloran AM dalam sambutannya menyampaikan bahwa NT memiliki sejarah hubungan yang panjang dan khusus dengan Indonesia selaku tetangga terdekat. Selama ini, baik hubungan diplomatik dan perdagangan kedua wilayah telah berjalan dengan baik dan diharapkan semakin meningkat di masa mendatang. Selain itu, faktor lain yang semakin mendekatkan Indonesia dan NT adalah multikulturalisme dimana baik NT maupun Indonesia terdiri dari beragam kebudayaan dan keyakinan. 

Acara dilanjutkan dengan jamuan makan malam dengan menu khas Indonesia seperti sate, nasi goreng, lupis dan bubur sumsum. Selain itu, ditampilkan pula pertunjukan tari tradisional Indonesia berupa tari Piring yang dibawakan oleh Badhaya Nusantara serta lantunan lagu-lagu daerah dan Indonesia yang dibawakan oleh Keppri Band, asuhan Konsulat RI Darwin.

Konvoi "Berbakti untuk Negeri"
Acara peringatan HUT RI ke-73 juga turut dimeriahkan oleh aksi inisiatif masyarakat Indonesia di Darwin, yang pada tanggal 18 Agustus 2018, melakukan konvoi kendaraan bermotor dengan tema “Berbakti untuk Negeri". Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 17 motor dan 7 mobil yang melakukan perjalanan dari Darwin ke Berry Spring Reserve.


Tim Media 

KRI Darwin