Provinsi Mbeya ingin Kerjasama Sister Institution Bidang Pertanian dengan Balai Litbang Indonesia

Usai pertemuan dengan kalangan usaha Provinsi Mbeya, Dubes RI untuk Tanzania, Prof. Dr. Ratlan Pardede yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Mbeya didaulat mengunjungi tiga Institusi Pelatihan dan Litbang Uyole-Mbeya (3/10/2017) yaitu Agriculture Research Institute (ARI), Ministry of Agriculture Training Institute (MATI), dan Tanzania Livestock Research Institute (TALIRI).

Dubes Pardede diterima oleh Direktur Litbang Wilayah Southern Highland, Dr. Tulole Lugendo Bucheyeki, di aula yang telah dipadati peneliti dari ketiga balai penelitian tersebut.

"Kami beruntung Dubes Indonesia berkenan mengunjungi Uyole, dan berkesempatan mengobservasi teknologi pertanian yang ada di balai litbang ini" ujarnya.

Menanggapinya, Dubes Pardede yang juga berlatar belakang peneliti, menyampaikan kegembiraannya bertemu rekan-rekan seprofesi dan memberikan apresiasi atas kerja mereka dalam meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Mbeya.

"Saya mengapresiasi kerja peneliti Uyole dan meyakini peningkatan produktivitas pertanian akan mampu memberikan kesejahteraan kepada petani, berkontribusi pada ketahanan pangan serta meningkatkan perekonomian Tanzania" tegasnya.

Dubes Pardede juga menyebut bahwa Indonesia dan Tanzania sama-sama  negara agraris. Untuk memodernisasi dan meningkatkan sektor pertaniannya, Indonesia telah berinvestasi dalam mekanisasi dan industrialisasi pertanian, dan siap berbagi pengalaman dengan Tanzania yang tengah menuju kesana.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab, dicatat peluang kerjasama antara litbang Uyole dengan Indonesia diantaranya lewat peningkatan kapasitas balitbang, pemberian pelatihan singkat kepada petani, peningkatan produksi benih jagung, transfer teknologi sapi perah, peningkatan produksi ternak sapi dan ayam. Selain itu, terbuka pula kerjasama peningkatan produktivitas padi dengan Mbeya yang merupakan penghasil beras nomor satu di Tanzania.

Sekretaris Daerah Mbeya, Mariam Mtunguja, menyampaikan harapannya agar dapat terbentuk kolaborasi Sister Institute antara litbang Indonesia dengan Mbeya di bidang pertanian.

"Kami ingin harapan tersebut dapat segera terealisasi agar Tanzania bisa semaju Indonesia" ujarnya diiringi tepuk riuh hadirin. Menanggapinya, Dubes Pardede janjikan akan melakukan upaya-upaya untuk memastikan harapan tersebut terpenuhi, demi kepentingan masyarakat kedua negara.

Usai diskusi, Dubes RI berkesempatan meninjau langsung laboratorium kimia, analisa tanah, laboratorium penelitian kultur jaringan dan plasma nutfah, rumah kaca, dan areal pengembangan ternak sapi.