Sign In

INFORMASI PERJALANAN BISNIS KE TANZANIA

Pendahuluan

Tanzania adalah negara di belahan timur benua Afrika yang terkenal dengan keindahan alamnya serta pantainya seperti Gunung Kilimanjaro, Taman Nasional Serengeti dan Zanzibar.

Nama Tanzania sendiri berasal dari kata Tanganyika dan Zanzibar yang menandakan persatuan dua wilayah pada tahun 1963. Ibu kota Tanzania berada di Dodoma dengan Dar es Salaam sebagai pusat bisnis yang sangat dinamis serta telah berada sejak ratusan tahun yang lalu.

Tanzania merupakan bekas jajahan Jerman dan Inggris hingga akhirnya merdeka di tahun 1962.

Tanzania berbatasan dengan Kenya dan Uganda di utara; Rwanda, Burundi, dan Republik Demokratik Kongo di barat; Zambia, Malawi, dan Mozambik di selatan; dan Samudera Hindia di timur.

Tanzania memiliki populasi sebanyak 55,57 juta jiwa dengan bahasa ibu adalah Swahili. Bahasa Inggris juga kerap digunakan sebagai bahasa formal oleh instansi pemerintah Tanzania. Mata uang setempat adalah Shiling, dimana satu dollar setara dengan 2270 Shilling (per tanggal 3 Mei 2018).

Saba-Saba

Dar es Salaam International Trade Fair (DITF) merupakan pameran dagang terbesar di Tanzania yang diselenggarakan pada tanggal 7 Juli setiap tahunnya. DITF lebih populer disebut dengan Saba-Saba, yang artinya tanggal 7 bulan 7. Tahun ini merupakan penyelenggaraan Saba-Saba ke-42.

Pameran dagang yang bertempat di Mwalimu JK. Nyerere Fair Grounds diikuti oleh 18 negara dan 1500 jenis barang yang ditampilkan dalam pameran ini.

Syarat untuk bergabung dalam pameran dagang saba saba adalah dengan mengisi form aplikasi yang bisa didapatkan langsung di kantor TANTRADE dan melampirkan nomor TIN dan lisensi bisnis (tidak berlaku untuk institusi pemerintah).

Seluruh institusi dapat mengikuti kegiatan saba saba ini.
Co: Pemerintahan (Kedutaan), agensi pendidikan, perusahaan swasta, pengusaha.

Saba saba 2018 berlangsung selama 15 hari.
Harga tiket masuk saba
saba Tsh 3000 per harinya dan pengunjung dapat membayar langsung sekaligus sebesar Tsh 30000 untuk 15 hari.

Harga sewa 1 booth (9 Sqm) untuk acara saba saba :

  1. US$ 1728.70 normal stand
  2. US$ 2259.70 corner stand

Harga tiket parkir Saba saba:

  1. Parkir diluar Tsh 50000 per (15 hari)
  2. Parkir didalam Tsh 500000 (15 hari )

Apabila peserta pameran hendak membawa sample barang terutama yang berkaitan dengan produk makanan yang akan menjadi tester untuk pengujung dapat menulis surat dengan memberitahukan barang yang akan dipamerkan kepada pihak penyelenggara DITF (PO BOX 5402 Dar es Salaam)

Biaya perjalanan ke Tanzania

Biaya perjalanan udara menuju Tanzania sangat beragam dan bergantung pada periode perjalanan. Adapun biaya perjalanan menuju Tanzania berkisar 700 3000 Usd pulang-pergi.

Umumnya, perjalanan udara menuju Tanzania dapat melalui beberapa hub seperti Addis Ababa, Abu Dhabi, Dubai, Doha, Istanbul, Mumbai, Muscat dan Nairobi.

Pengunjung juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan beberapa kali transit baik dengan menggunakan maskapai yang sama atau berbeda. Terkadang, dengan melakukan transit di Singapura dan Kuala Lumpur, biaya tiket perjalanan cukup dapat ditekan.

Dokumen perjalanan

Paspor

Sebagaimana perjalanan ke luar negeri pada umumnya, untuk berkunjung ke Tanzania memerlukan paspor yang masih berlaku paling sedikit enam bulan pada saat keberangkatan. Informasi lebih lanjut mengenai pembuatan paspor RI dapat dilihat pada tautan berikut: http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa

Buku/sertifikat vaksinasi

Untuk memudahkan pemeriksaan pada saat kedatangan di Tanzania, pengunjung sangat disarankan untuk mendapatkan vaksinasi yellow fever yang dilengkapi dengan buku kuning.

Vaksinasi yellow fever dapat dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan terdekat. Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui tautan di bawah ini: http://kespel.depkes.go.id/vaksinasi_int/vaksinasi_int_public/add

Visa

Warga Negara Indonesia wajib memiliki visa untuk memasuki wilayah Tanzania.

Visa dapat didapatkan dengan datang langsung ke Kedubes Tanzania yang berada di Kuala Lumpur. Alternatif lain, pengunjung juga dapat mengajukan visa pada saat kedatangan (VoA) di bandar udara utama (Dar es Salaam, Zanzibar dan Kilimanjaro) di Tanzania. Adapun, tariff untuk VoA adalah sebesar 50 Dollar Amerika Serikat. Untuk mendapatkan VoA, pengunjung wajib memiliki paspor dan tiket pulang-pergi.

Selain itu, pengunjung yang memiliki minat untuk melakukan penjajakan dan pembicaraan bisnis di Tanzania lebih dari satu bulan dapat mengajukan visa bisnis. Adapun, persyaratan untuk mengajukan visa bisnis antara lain:

  1. Paspor yang masih berlaku;

  2. Surat penugasan dari perusahaan dan/atau referensi dari mitra di Tanzania

  3. Melakukan pembayaran visa sebesar 250 Dollar Amerika Serikat.

Informasi lebih lanjut mengenai visa Tanzania dapat dilihat pada tautan berikut:

https://www.immigration.go.tz/index.php/en/services/visa-information

Pengiriman barang ke Tanzania

Biaya pengiriman kargo dari Jakarta ke Indonesia cukup beragam.

Sebagai gambaran umum, biaya pengiriman kargo melalui jalur udara menghabiskan dana 7.5-10 Dollar Amerika Serikat/Kg. Sementara, bila melalui jalur laut memerlukan biaya 250 Dollar Amerika Serikat /m3.

Gambaran biaya di atas diambil dari pengiriman kargo untuk barang-barang umum dan belum termasuk biaya bea cukai, penanganan di bandara dan sewa gudang (jika perlu). Selain itu, perusahaan kargo juga memiliki pengaturan biaya yang bervariasi untuk barang-barang tertentu.

Untuk melakukan pengiriman barang pada saat pameran Saba-Saba, khusus untuk produk makanan perlu terlebih dahulu didaftarkan jika akan dijual di Tanzania. Terutama, jika melakukan pengiriman dalam partai besar.

Akomodasi

Biaya akomodasi di Dar es Salaam bervariasi, mulai dari 50,000 Tsh per malam hingga kamar seharga ratusan Tanzania Shilling. Selain itu, terdapat juga penginapan sederhana dan tempat untuk bertemu dengan sesama,

Penginapan Sederhana :

  • Pop Inn Hotel, Sofia Kawawa Street, memiliki kamar single seharga 50000 Tsh , double seharga 35000 Tsh. Pop Inn adalah penginapan sederhana dan termurah berlokasi 10 menit (berjalan kaki) dari pusat kota.

  • Sophia House, Hotels and Apartments, terletak di Pusat Kota di sebelah Peacock Hotel, Bibititi Mohammed Road, Dar es Salaam. Apartemen ini dilengkapi dengan binatu, sarapan. Tarif kamar di penginapan ini adalah sekitar US$ 35-45 / hari. Di beberapa kamar terdapat kompor listrik / hotplates untuk memasak makanan dan dapur bersama di setiap lantainya.

Penginapan Kelas Menengah :

Ada banyak hotel disekitar Dar dengan harga yang cukup terjangkau:

  • The Peacock Hotel di Dar Centre berada di jalan Bibi Titi Mohammed, adalah hotel dengan tatanan kamar yang mewah. Tarif kamar dihargai sekitar $ 80. Hotel ini memiliki restoran dan akses internet. http://www.peacock- hotel.com/ telepon +255 713 559627-8
  • Harbour View Suites, tel: +255 22 2124040. Harbour View Suites di Samora Avenue Hotel ini memiliki kamar besar dan sangat nyaman serta dilengkapi dengan akses internat. Harga kamar dimulai dari US$ 100. Di lantai dasar terdapat supermarket dan restoran pizza.
  • Hotel Slipway, +255.22.260.0893, +255 71 388 8301 (mobile). Menawakan kamar seharga US$ 120 per malam. Hotel ini berlokasi disebuah kompleks dekat dengan pantai dan terdapat beberapa toko dan restoran di dalam kompleks tersebut, sehingga memudahkan anda untuk berbelanja. https://www.hotelslipway.com/ Email: reception@hotelslipway.com

Penginapan Bintang Lima

Dar juga memiliki beberapa hotel bintang lima dengan pelayanan terbaik.

  • Hyatt Regency Dar es Salaam Kilimanjaro; tel +255 22 213 1111. Terletak di dekat pelabuhan, hotel mewah ini memasang tarif kamar seharga US$ 225 keatas Sarapan prasmanan, terdapat fasilitas spa dan massage Thailand.
  • Southern Sun; tel +255 22 213 7575. https://www.tsogosun.com/southern- sun-dar-es-salaam
  • Movenpick Royal Palm +255 22 211 2416. Terletak di Ohio Road di pinggir pusat kota.
  • Hotel Sea Cliff. Memiliki fasilitas kolam renang dan gym dengan menawarkan pemandangan laut. Selain itu hotel ini juga memiliki restaurant, Alcove Restaurant, lounge dan bar fitness center dan salon dan beragam fasilitas lainnya. https://www.hotelseacliff.com/
  • White Sands Hotel berlokasi tidak jauh dari Jalan Bagamoyo, sekitar 45 menit berkendara dari pusat kota. Memiliki fasilitas sekolah scuba diving yang terletak di sekitar hotel. https://hotelwhitesands.com +255 758 818 696 +255 758 818 697 +255 758 818 698 +255 758 818 699 E-mail: info@hotelwhitesands.com Address: Africana Road, Jangwani Beach, Dar es Salaam
  • SERENA HOTEL terletak di Ohio Street P.O BOX 791 Dar es Salaam, Tanzania T: (+255 22) 2212500 F: (+255 22) 2113981) E: daressalaam@serena.co.tz.

Tempat wisata

Cagar Alam Selous

Cagar Alam Selous merupakan yang terbesar di Tanzania dan di Afrika, dengan luasnya lebih dari 50.000 km2. Selous diambil dari nama orang Inggris Frederick Selous, seorang pemburu yang terkenal. Cagar Alam Selous dipilih sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1982 karena keanekaragaman satwa liar dan habitatnya yang masih asli dan tidak terganggu manusia.

Aneka satwa yang dapat ditemui :

  • Spesies Burung lebih dari 440 jenis.
  • Singa dan Macan Tutul yang jumlahnya banyak.
  • Lebih dari 50% Anjing liar afrika yang hampir punah dan hewan mamalia lainnya dapat ditemui di sini.

Lokasi :

Cagar Alam Selous terletak di wilayah selatan Tanzania, berjarak sekitar 450 Km ke arah selatan dari Kota Dar es Salaam.

Menuju ke Lokasi :

  • Jalur darat : Pengunjung dapat menggunakan mobil dari Dar es Salaam, jarak tempuh sekitar 542 Km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan.
  • Jalur udara : Jadwal penerbangan dari Dar es Salaam menuju Selous.
  • Jalur kereta : dari Dar es Salaam menuju stasiun Kisaki melalui jalur Tanzania Zambia Railway Line (TAZARA)

Taman Nasional Serengeti

Taman-nasional-serengeti.png

Serengeti National Park adalah salah satu suaka margasatwa paling terkenal di Afrika. Taman Serengeti berukuran 14.763 km2 dengan iklim hangat dan kering. Taman nasional ini dikenal dengan migrasi tahunan dari jutaan wildebeest dan juga diikuti oleh ratusan ribu zebra. Migrasi hewan yang terjadi secara besar- besaran ini bergerak sejauh 1.000 km, yang memberikan pemandangan menakjubkan selama bulan Juli hingga Desember di Tanzania. Mereka bermigrasi sepanjang tahun, terus-menerus mencari rumput segar dan kualitas air yang lebih baik.

Migrasi ini menarik banyak predator seperti singa, macan tutul, hiena dan serigala. Sehingga Wisatawan bisa melihat potret nyata kehidupan liar yaitu interaksi antara predator dan mangsanya. Salah satunya yang paling menakjubkan adalah ketika kawanan wildebeest menyeberangi Sungai Grumeti (Tanzania) dan Sungai Mara (Kenya) yang dipenuhi oleh buaya.

Lokasi :

Serengeti terletak di wilayah utara Tanzania, berjarak sekitar 347 Km dari Kota Arusha, dan sekitar 970 Km dari Kota Dar es Salaam.

Menuju ke Lokasi :

  • Jalur darat : dari Dar es Salaam dapat diakses dengan mobil/Bus, jarak tempuh sekitar 970 Km dengan waktu tempuh sekitar 18 jam perjalanan melalui kota Arusha.
  • Jalur udara : terdapat jadwal penerbangan setiap dari Dar es Salaam menuju Arusha dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit. Dilanjutkan dengan perjalanan darat dari Arusha sekitar 7 jam menuju Serengeti.

Kapan :

Dapat dikunjungi sepanjang tahun, namun waktu terbaik adalah pada bulan Juni hingga Agustus, saat kawanan wildebeest bermigrasi.

Budget :

Untuk dapat menikmati wisata safari sebaiknya menggunakan jasa operator. Harga paket safari yang ditawarkan beragam tergantung jumlah hari, penginapan, fasilitas layanan dan lainnya. Paket safari ke Serengeti mulai dari US$ 700 hingga diatas US$ 2000.

Taman Nasional Mikumi

Taman-nasional-mikumi.png

Taman Nasional Mikumi merupakan taman nasional terbesar ke-4 di Tanzania dengan luas area 3.230 km2. Taman Nasional Mikumi juga merupakan yang paling mudah diakses dari Dar es Salaam. Dengan penampakan satwa-satwa liar yang pasti dijumpai, Mikumi National Park merupakan tujuan safari yang ideal bagi Wisatawan yang tidak memiliki banyak waktu.

Aneka satwa yang dapat ditemui :

  • Gajah, kerbau, zebra, jerapah, rusa kutub, impala, elang, serigala, babi hutan, babon, kuda nil, dan buaya.

  • Dengan berada dua hari di Mikumi National Park, anda memiliki kesempatan untuk melihat singa dan mungkin sekilas macan tutul.

Lokasi :

Sekitar 300 km dari bagian barat Dar es Salaam

Menuju ke lokasi :

  • Dengan Mobil: Mengemudi ke Mikumi National Park menghabiskan waktu sekitar 4 jam. Pastikan kendaraan yang digunakan adalah model SUV seperti Land Cruiser atau Range Rover.
  • Dengan Bus : Melakukan perjalanan dengan menggunakan bus juga cukup nyaman. Perusahaan bus yang baik adalah Sumry, Scandinavia dan Mbeya Express. Di Dar es Salaam, tiket harus dibeli di di Ubungo Terminal. Pengungung dianjurkan untuk membeli tiket satu hari sebelum berangkat.

Kapan :

Waktu yang ideal untuk berkunjung adalah bulan Juni Maret.

Budget :

Biaya masuk sebesar $20 per orang dan berlaku selama 24 jam dari waktu pembelian. Pengunjung dianjurkan untuk masuk pada pukul 08.00 16.00. Bagi pengunjung yang menginap di salah satu fasilitas penginapan, harus kembali ke penginapan pada pukul 19.00.

Pegunungan Kilimanjaro

pegunungan-kilimajaro-1.png

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di benua Afrika, dengan ketinggian 5896 meter dan menjadikan gunung Kilimanjaro sebagai salah satu pemandangan terindah di benua Afrika. Gunung berapi ini memiliki tiga puncak, yaitu Kibo, Mawenzi, and Shira.

Dari perbukitan yang landai dan dataran tinggi disebelah utara Tanzania terlihat puncak gunung Kilimajaro yang tertutupi salju abadi, lereng gunung dan gletsernya terlihat berkilauan menyerupai awan.

Kilimanjaro memiliki ekosistem yang beragam yang sangat indah. Di lereng dataran rendah, sebagian besar wilayah untuk pertanian, seperti kopi, pisang, singkong, dan jagung untuk kebutuhan hidup dan sebagian untuk dijual.

Lokasi :

Terletak di wilayah utara Tanzania, berjarak sekitar 128 Km dari Kota Arusha, dan sekitar 470 Km dari Kota Dar es Salaam.

Menuju ke Lokasi :

  • Jalur darat : dari Dar es Salaam dapat diakses dengan mobil/Bus, jarak tempuh sekitar 470 Km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan melalui kota Moshi.
  • Jalur udara : dalam sehari terdapat 7 kali jadwal penerbangan dari Dar es Salaam dan terdapat 7 maskapai penerbangan yang mendarat dari negara lain menuju bandara internasional Kilimanjaro. Dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar 1 jam menuju pegunungan Kilimanjaro.

pegunungan-kilimajaro-2.png

Kapan :

Terbuka sepanjang tahun, namun waktu terbaik untuk mendaki adalah pada bulan Januari, Februari, Juli hingga Agustus. Hindari pendakian pada musim hujan (april- mei) karena jarak pandang tergganggu akibat kabut tapi pada musim hujan bunga- bunga bermekaran dan relatif sepi pendaki.

Budget :

Untuk bisa sampai ke puncaknya, diperlukan minimal 6 hari 5 malam perjalanan dengan biaya selama pendakian sekitar $1700 hingga $4000 bahkan lebih (tergantung operator, kualitas perlengkapan, jasa porter dan cooker, kualitas makanan dll). Dianjurkan untuk tidak memilih operator dengan biaya dibawah $1700.

Zanzibar

Zanzibar merupakan wilayah kepulauan lepas pantai Tanzania. Pulau terbentang sepanjang 90 Km dari ujung selatan hingga utara, dan selebar 30 Km dari pesisir timur hingga ke barat, memiliki keindahan alam yang sangat indah dan merupakan tujuan wisata bagi untuk melepas lelah dan menikmati pemandangan laut yang biru dan bersih.

Dari Dar es Salaam, wisatawan dapat menggunakan kapal ferry (menempuh sekitar 2 jam perjalanan), dan pengunjung dapat menggunakan pesawat (20 menit perjalanan). Tiba di Zanzibar, wisatawan dapat menikmati Stone Town, dan bermalam di sini. Banyak hotel tersedia di sini, dengan biaya mulai dari Rp. 350.000 hingga Rp.2.500.000 per malam.

Bila masih memiliki waktu, pengunjung dapat juga mengunjungi beberapa objek wisata sekitar seperti Prison Island, Hutan Jozani, Kimikazi atau bahkan mengunjungi Pulau Pemba.

Transportasi

Angkutan umum di Dar es Salaam,Tanzania terdiri dari Dala Dala (bus), Bajaji, Taksi dan Taksi online Uber.

Tarif angkutan

  • Dala Dala; tarif Tsh 400
  • Taksi dan Bajaji; tergantung dari jarak, negosiasi penumpang dan pengendara.
  • Taksi online Uber; tarif sudah sesuai dengan argo yang ditentukan oleh pihak
  • uber. Tarif jarak dekat adalah seharga Tsh 3000

Colokan listrik

colokan-listrik-tanzania.png

Tanzania menggunakan colokan listrik Tipe G (tiga pin pipih) yang umum digunakan di Inggris dan beberapa negara Eropa.

Bahasa Swahili

Katakan dalam bahasa Swahili

Hello!Habari!
Selamat pagi!Habari ya Asubuhi! / Habari ya
Selamat malam! Habari ya Jioni!
Selamat malam!Lala salama!
Sampai jumpa ! (infml)Baadaye!
Selamat tinggal! (fml.) Kwa heri!

Kata-kata umum

Yandio
Tidakhapana
Mungkinpengine
OKsawa
Terima kasih!asante
Terima kasih kembali! (m/f)karibu
Maaf (sela) ...Samahani...
MaafPole sana
Saya tidak punya.. Sina ..
Kami tidak punya.. Hatuna ..
Tidak masalah Hakuna sida

Memperkenalkan diri

Nama sayaNinaitwa...
Saya berasal dariNinatoka...
Saya berumurNina miaka

Percakapan umum

Saya tidak bisa bicara bahasa SwahiliSizungumzi kiswahili.
Saya tidak mengerti itu (m/f)Hiyo sijaelewa...
Dapatkah anda menulisnya. (m/f)Tafadhali niandikie hiyo chini.
Dapatkah anda mengulangnya. (m/f)Tafadhali rudia tena.
Mohon tunggu sebentarTafadhali subiri kidogo.

Angka

​Satumoja
Dua
mbili
​Tigatatu
​Empatnne
​Limatano
​Enamsita
​Tujuhsaba
​Delapannane
​Sembilantisa
​Sepuluhkumi