Maraknya Peringatan HUT RI Ke-73 di Damaskus

Maraknya Peringatan HUT RI Ke-73 di Damaskus

 

Dalam Suasana yang semakin kondusif di Suriah, KBRI Damaskus pada hari Jum’at, 17 Agustus 2018, telah melaksanakan upacara Peringatan HUT RI ke-72 bertempat di lapangan KBRI Damaskus, dengan mengambil tema”Kerja Kita Prestasi Bangsa.” Upacara dilaksanakan pukul 08.00 waktu setempat, dengan dipimpin langsung oleh Duta Besar RI, Djoko Harjanto, yang bertindak selaku Inspektur Upacara. Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta untuk para arwah kusuma bangsa, yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan, pembacaan naskah Pancasila oleh Inspektur Upacara yang diikuti oleh peserta upacara dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, serta pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

Dalam pidatonya, Inspektur upacara menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pahlawan kusuma bangsa, para pemimpin nasional, atas perjuangan dan kerja keras mereka, disertai dukungan sepenuh hati dari seluruh rakyat Indonesia, hari ini di saat kita memperingati 73 tahun Indonesia Merdeka. Ditekankan oleh Inspektur upacara bahwa Kemerdekaan yang diraih dengan pengorbanan jiwa, raga dan harta. Semua negara yang tertindas dan terjajah berjuang untuk meraih kemerdekaannya. Tahun 2018 ini, kita memperingatinya pada hari Jum’at yang penuh barokah, sama hari saat diproklamirkannya Kemerdekaan yang juga jatuh pada hari Jum’at tanggal 17 Agustus 1945.

Tidak lupa Dubes RI dalam pidatonya menyebutkan capaian-capaian yang ditorehkan KBRI Damaskus di segala bidang selama kurunn tahun 2018.

 

Dubes RI juga mengingatkan bahwa lima bulan lagi kita akan tinggalkan tahun 2018 dan masuk tahun 2019 dimana pada saat itu bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi 5 tahunan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta Anggota DPR, DPD dan DPRD.  "Saya selaku Kepala Perwakilan RI menghimbau kepada seluruh Warga Negara Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya. Masa depan Indonesia berada di pilihan anda semua. Jangan lupa, tanggal 17 April 2017 mendatang dan sampaikan aspirasi politik anda semua di TPS KBRI Damaskus." Dubes menegaskan.

 

Usai upacara, dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba-lomba olah raga dan permainan yang sebelumnya telah diadakan dalam rangka memeriahkan HUT RI, seperti lomba olah raga: (sepak bola futsal, bulu tangkis, tenis meja dan bowling) dan sejumlah lomba-lomba permainan, dimana staf KBRI, masyarakat indonesia termasuk para TKI/TKW yang berada di shelter KBRI Damaskus turut berpartisipasai dalam lomba-lomba dimaksud.

Dalam acara tersebut juga diserahkan piagam kepada Sdr. Sholihuddin dan Ahmad Jaudat serta sertifikat para peserta Kursus Bahasa Indonesia yang telah mengikuti kurus selama lebih dari sebulan kepada sejumlah warga negara Suriah yang terdiri dari staf KBRI para peserta penerima KNB, peserta Darmasiswa, mahasiswa, para peserta warga negara Suriah lainnya. 

Selanjutnya dilanjutkan dengan acara pertemuan dialog staf KBRI, masyarakat Indonesia  dan para undangan warga negara Suriah lainnya dengan Bapak Duta Besar RI.