Jelang Pemilu 2019, PPLN Damaskus Lakukan Sosialisasi

Jelang Pemilu 2019, PPLN Damaskus Lakukan Sosialisasi

Masih dalam suasana keberkahan bulan suci Ramadhan, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Damaskus bekerja sama dengan KBRI Damaskus pada malam Jum'at (7/6) melakukan Sosialisasi Pemilu 2019 bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Damaskus-Suriah bertempat di aula KBRI Damaskus.

Ketua PPLN Damaskus, Priyanto Mawardi, dalam sambutannya menegaskan bahwa Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan  rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

"Karenanya, saya mengajak seluruh warga negara Indonesia di Suriah untuk partisipasi dalam menyukseskan amanat konstitusi ini," ujar Priyanto. Pemilu di Damaskus akan diselenggarakan pada 13 April 2019.

PPLN Damaskus terdiri dari Ketua, Priyanto Mawardi dibantu oleh Amiruddin Thamrin staf KBRI Damaskus, dan salah saorang mahasiswa di Suriah, Syarifudin Zuhri sebagai anggota. Mereka bertiga dibantu oleh Bambang Satyadi Fidyantoro selaku Koordinator Sekretariat PPLN dan Ahlidin Jamaludin serta Riswandi Akhirudin sebagai anggota, semuanya adalah staf KBRI Damaskus.

Duta Besar RI di Damaskus, Djoko Harjanto dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi dimaksud menegaskan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran WNI di wilayah akreditasi Damaskus  karenanya beliau menghimbau partisipasi seluruh warga negara Indonesia di Suriah untuk menggunakan hak pilihya dalam Pemilu 2019 nanti.  "Masa depan bangsa Indonesia terletak pada pilihan saudara-saudara semua", ujar Dubes RI.

Anggota PPLN Damaskus, Amiruddin Thamrin menyampaikan presentasi dalam sosialisasi dimaksud, yang pada intinya menekankan kembali pentingnya Pemilu di negara demokrasi seperti Indonesia dan menyampaikan ciri-ciri  keunikan Pemilu 2019, utamanya Pemilu 2019 yang dilakukan secara serentak, tahapan pelaksanaan Pemilu dan hal-hal lain terkait dengan Pemilu 2019.

Sekitar 70 orang WNI hadir dan tampak antusias saat menyimak sosialisasi tersebut. Usai presentasi selanjutnya dibuka sesi tanya jawab. Kemudian Acara Sosialisasi ditutup dengan pembacaan doa.