Harmoni Kebersamaan Melalui Acara Buka Bersama di KBRI Damaskus

Harmoni Kebersamaan Melalui Acara Buka Bersama di KBRI Damaskus

Minggu kedua di bulan suci Ramadhan ini, kembali KBRI Damaskus menyelenggarakan acara buka puasa bersama masyakarat Indonesia di Damaskus, pada Kamis malam Jum at, 24 Mei 2018.

Keharmonisan acara buka bersama yang mengambil tempat di Aula KBRI Damaskus ini dihadiri oleh Bapak Duta Besar RI dan Ibu Rosa Djoko Harjanto, staf KBRI, mahasiswa, pelajar, dan para TKI yang berada di shelter KBRI Damaskus.

Usai berbuka (ta'jil) ala Indonesia, dilakukan shalat Magrib bersama yang dilanjutkan dengan acara lanjutan buka puasa dengan santapan hidangan khas Indonesia diantaranya: empal, sayur asem  dan aneka ragam makanan Indonesia lainnya.

Setelah pelaksanaan shalat Isya dan tarawih berjamaah, dilanjutkan dengan ceramah Ramadhan yang disampaikan oleh Ust. Muhammad Ahsin Mahrus, yang mengupas ayat al-Qur'an puasa yaitu :" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Penceramah mengupas makna keimanan (percayaan) dari ayat dimaksud yang merupakan salah satu dasar pegangan hidup dan maksud dari ibadah puasa yang merupakan madrasah untuk diklat penggemblengan untuk menahan dari akhlak-akhlak tercela. Sementara takwa adalah target diklat tersebut.

“Puasa adalah madrasah yang bertujuan agar para partisipannya lulus dengan nilai tertinggi dan memperoleh sertifikat orang-orang yang bertakwa dari Allah subhanahu wa ta'ala", Ustad Ahsin menegaskan.

Momen kebersamaan yang harmoni ini juga menjadi ajang pelepas rindu antara sesama warga di Damaskus, Suriah sebagai jantung belad syam.