Duta Besar RI Damaskus Berikan Kuliah Umum di Hadapan Civitas Akademika Unsera, Banten

Duta Besar RI Damaskus Berikan Kuliah Umum di Hadapan Civitas Akademika Unsera, Banten


 

 

Serang (27/10). Duta Besar RI untuk Republik Arab Suriah YM. Drs. Djoko Harjanto MA, memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Universitas Serang Raya (Unsera) Banten. Dengan mengusung tema “Masa Depan Rekonsiliasi Suriah: Peranan Indonesia dalam Menjaga Perdamaian Dunia” Dubes Djoko Harjanto mengupas tuntas permasalahan konflik Suriah di hadapan 300 hadirin yang sebagian besar merupakan mahasiswa univeritas tersebut.

 

Acara dibuka oleh sambutan dari Rektor Unsera Dr. H. Hamdan, MM yang menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kesediaan Dubes Djoko Harjanto untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiwa Unsera pada khususnya. Menurutnya hal tersebut sangat penting dan merupakan kesempatan langka untuk dapat lebih mengetahui duduk masalah konflik Suriah dan keadaan serta kondisi terakhir di Suriah dari sudut pandang yang objektif. Kunjungan dan kuliah umum oleh Duta Besar Republik Indonesia ini merupakan yang pertama diselenggarakan oleh Unsera.

 

Menutup kuliah umumnya, Dubes RI sampaikan agar masyarakat Indonesia dapat melihat konflik Suriah melalui kacamata yang lebih jernih. Konflik Suriah hendaknya tidak dikait-kaitkan dengan konflik sektarian apalagi dijadikan sebagai komoditas politik di tanah air. Dirinya optimis konflik serupa tidak akan terjadi di Indonesia karena Indonesia memiliki dua organisasi besar yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah yang tidak pernah sekalipun mengajarkan radikalisasi.

 

Kehadiran Dubes Djoko Harjanto di Unsera merupakan rangkaian program kunjungannya ke Indonesia dalam rangka pendampingan delegasi pengusaha Suriah mengikuti Indonesia-Middle East Gathering on Economy di Yogyakarta 22-23 Oktober 2018 dan Trade Expo Indonesia ke-33 di ICE BSD, Tangerang Banten pada 24-28 Oktober 2018. Sebanyak 49 orang pengusaha Suriah hadir dalam kegiatan tersebut.